Menu

Mode Gelap

Tips · 30 Jan 2024 WIB

9 Fitur Tersembunyi Tapi Penting di WhatsApp


9 Fitur Tersembunyi Tapi Penting di WhatsApp Perbesar

OAtekno.com – Sejak diluncurkan 15 tahun lalu, WhatsApp telah berevolusi dari sekadar platform kirim pesan menjadi aplikasi multifungsi yang kaya fitur. Namun, banyak pengguna yang bahkan tidak menyadari berbagai kemampuan tersembunyi WhatsApp yang dapat meningkatkan pengalaman chatting mereka. Berikut fitur-fitur “rahasia” yang jarang dikenal namun bisa sangat berguna:

 

  1. Kirim Pesan Video:

Ingin mengirim pesan spontan tanpa mengetik? Aktifkan fitur “Pesan Video Instan” di pengaturan Chat untuk merekam dan mengirim video singkat langsung dari chat.

 

  1. Baca Pesan Diam-diam dengan Widget:

Pengguna Android mungkin familiar dengan trik ini. Cukup tambahkan widget WhatsApp ke home screen. Pesan terbaru akan terlihat sekilas, dan tidak terhitung sebagai terbaca sampai Anda membuka aplikasi.

 

  1. Lihat Waktu Pesan Dibaca Tepat:

Pernah penasaran kapan tepatnya pesan Anda dibaca? Tekan dan tahan pesan Anda, tekan menu (⋮), lalu pilih “Info”. Waktu pesan ditandai sebagai dibaca akan muncul.

 

  1. Status Suara:

Ingin berbagi cerita atau pemikiran secara spontan? Gunakan status suara! Buka status, lalu ketuk ikon mikrofon di bawah (sering terlewat!). Rekam suara Anda dan bagikan sebagai status.

 

  1. Chat dengan Diri Sendiri:

WhatsApp bisa jadi notes digital! Tekan tombol chat baru, lalu pilih kontak Anda sendiri (biasanya di urutan teratas). Kini Anda bisa berkirim pesan dengan diri sendiri untuk catatan atau pengingat.

 

  1. Sembunyikan Chat dengan Emoji:

Lindungi privasi chat penting dengan fitur “Sembunyikan Chat”. Aktifkan di menu Chat, lalu atur kata sandi atau emoji sebagai kunci. Chat tersembunyi akan berada di folder terpisah.

  1. Bagikan Lokasi Real-Time:

Ingin teman tahu persis keberadaan Anda? Bagikan lokasi secara real-time! Saat mengirim lokasi, pilih “Lokasi Real-Time” dan tentukan durasi pembagian. Anda bisa menghentikan berbagi kapan saja.

 

  1. Ubah Video Pendek Jadi GIF:

Buat GIF seru dari video Anda! Potong video hingga maksimal 6 detik, lalu tekan tombol GIF di pojok kanan atas. WhatsApp akan otomatis mengubahnya menjadi GIF.

 

  1. Sembunyikan Foto WhatsApp dari Galeri:

Lindungi foto personal Anda dari meme dan konten chat lainnya. Aktifkan “Visibilitas File Media” di pengaturan Chat. Pilih untuk menyembunyikan foto dan video dari grup atau kontak tertentu agar tidak muncul di galeri Anda.

 

Dengan memanfaatkan fitur-fitur tersebut, Anda akan semakin produktif lagi dalam menggunakan WhatsApp dan menikmati pengalaman chatting yang lebih personal dan menyenangkan. Jangan ragu untuk menggunakan fitur-fitur ini sesuai kebutuhan Anda!

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Tutorial Penggunaan Companion Mode di Google Meet

20 Mei 2024 - 14:13 WIB

cara menggunakan companion mode di Google Meet

Solusi untuk Aplikasi Xiaomi yang Sering Force Close

19 Mei 2024 - 14:17 WIB

penyebab hp xiaomi sering force close

Cara Melacak Pergerakan Bus TransJakarta via Google Maps untuk Mengetahui Lokasinya

18 Mei 2024 - 14:27 WIB

Cara Cek Battery Health HP Vivo

17 Mei 2024 - 15:10 WIB

cara cek battery health hp vivo

Beberapa tips Isi Daya Ponsel dengan Aman, Agar Baterai Tetap Awet

16 Mei 2024 - 14:23 WIB

Cara Aktifkan Passkey WhatsApp Untuk Keamanan Akun

15 Mei 2024 - 14:42 WIB

cara aktifkan fitur passkey whatsapp
Trending di Tips