Menu

Mode Gelap

Koran · 6 Feb 2023 WIB

Smartphone Android Bisa Jadi Webcam Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga?


Smartphone Android Bisa Jadi Webcam Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga? Perbesar

OAtekno.com – Untuk saat ini memang smartphone Android bisa digunakan sebagai webcam untuk laptop maupun komputer. Namun, kita memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk dapat melakukan hal tersebut. Baru-baru ini ada laporan kalau Google ingin menjadikan fitur tersebut sebagai bawaan pada smartphone Android.

AOSP Google ada Services Android Untuk Webcam

Seorang praktisi Android, Mishaal Rahman, menemukan informasi tersebut dalam repositori Android Open Source Project (AOSP). Bagi yang belum tahu, itu merupakan proyek open source untuk mengembangkan stock Android yang langsung terpantau oleh Google dan baru-baru ini terlihat ada service baru yang mereka tambahkan, yaitu “DeviceAsWebcam”.

Baca juga: Apa itu Incognito? Apa Bisa Menjamin Privasi Data?

Menurut Rahman, service tersebut memungkinkan pengiriman data video secara seamless menggunakan smartphone Android yang sudah mendukung UVC (USB video class), sehingga tak perlu lagi aplikasi pihak ketiga untuk menjadikan Android sebagai webcam. Jadi, nantinya kita cukup mengaktifkan fitur tersebut melalui pengaturan.

Untuk saat ini belum ada info apakah Google akan memasukannya ke update build pada Android yang telah ada atau hanya akan tersematkan pada Android 14 mendatang. Tapi yang pasti, itu akan menjadi sebuah fitur yang sangat berguna bagi banyak kalangan semenjak masa pandemi.

Apalagi kebanyakan laptop sayangnya masih saja tak memiliki webcam yang mumpuni untuk video conference, bahkan yang terbaru sekalipun. Sementara itu, harga webcan eksternal yang berkualitas terbilang cukup mahal. Sehingga pengguna kerap memanfaatkan smartphone mereka sebagai alternatif dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Droidcam.

Src

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Xiaomi luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Special Edition

8 April 2024 - 13:13 WIB

4 Alasan realme 12+ 5G Paling Cocok jadi Teman Mudik

6 April 2024 - 07:57 WIB

Infinix Indonesia Luncurkan Produk IoT Serba Terjangkau

3 April 2024 - 01:50 WIB

Tampil Lebih Modern, realme Experience Store 3.5 Pertama di Indonesia Hadir di Surabaya

31 Maret 2024 - 15:33 WIB

Lenovo Indonesia Resmi Hadirkan ThinkStation P8, Workstation Solusi Profesional

31 Maret 2024 - 14:30 WIB

realme 12 5G Hadir sebagai Pilihan Utama untuk Ramadan, Tersedia di Seluruh Indonesia

31 Maret 2024 - 11:24 WIB

Trending di Koran