Menu

Mode Gelap

Majalah · 8 Jul 2023 WIB

Kepanjangan GPS dan Cara Kerja GPS


Kepanjangan GPS dan Cara Kerja GPS Perbesar

OAtekno.comDalam era modern ini, kita sering kali mengandalkan teknologi GPS (Global Positioning System) untuk membantu kita menavigasi dunia dengan mudah dan akurat. GPS telah mengubah cara kita menjelajahi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar kita, baik itu dalam perjalanan sehari-hari, petualangan luar ruangan, atau bahkan operasi bantuan dalam situasi darurat. Artikel ini akan menjelaskan tentang apa itu GPS? Bagaimana cara kerjanya, sejarahnya, serta berbagai manfaat dan masa depannya.

Apa itu GPS?

GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System. Ini adalah sistem satelit navigasi global yang menyediakan layanan penentuan posisi, navigasi, dan waktu. GPS digunakan oleh miliaran orang di seluruh dunia untuk berbagai tujuan, termasuk:

  • Navigasi: GPS digunakan dalam mobil, perahu, pesawat, dan bahkan ponsel pintar untuk membantu orang menemukan jalan mereka.
  • Waktu: GPS digunakan untuk menyinkronkan jam di seluruh dunia, yang penting untuk segala hal mulai dari transaksi keuangan hingga pengendalian lalu lintas udara.
  • Pemetaan: Data GPS digunakan untuk membuat peta dan grafik dunia.
  • Pelacakan: GPS dapat digunakan untuk melacak lokasi orang, kendaraan, dan objek lainnya.
  • Survey: GPS dapat digunakan untuk mengukur jarak dan ketinggian, yang penting untuk survei lahan dan proyek konstruksi.

Baca juga: Siapa itu iQOO? Apa Hubungannya Dengan Vivo?

Bagaimana Cara Kerja GPS?

GPS bekerja dengan menggunakan jaringan satelit yang mengorbit Bumi. Satelit-satelit ini mengirimkan sinyal radio yang diterima oleh penerima GPS. Penerima menggunakan waktu yang diperlukan oleh sinyal untuk melakukan perjalanan dari satelit untuk menentukan lokasi mereka.

Untuk mendapatkan lokasi yang akurat, penerima GPS perlu menerima sinyal dari setidaknya empat satelit. Hal ini karena penerima dapat menggunakan pengukuran waktu untuk menghitung jaraknya dari setiap satelit. Dengan mengetahui jaraknya dari beberapa satelit, penerima kemudian dapat menghitung posisinya di Bumi.

Sejarah

Pengembangan GPS dimulai di Amerika Serikat pada tahun 1970-an. Sistem ini awalnya dirancang untuk digunakan oleh militer, tetapi akhirnya juga tersedia untuk penggunaan sipil pada tahun 1980-an.

Satelit GPS pertama diluncurkan pada tahun 1978. Pada tahun 1994, ada 24 satelit GPS yang mengorbit. Saat ini, terdapat 31 satelit GPS yang mengorbit, dengan 24 di antaranya beroperasi. Itulah sejarah GPS yang saat ini kita pakai untuk aktivitas luar rumah sehari-hari.

Masa Depan

GPS terus ditingkatkan. Satelit-satelit baru diluncurkan dengan kemampuan yang lebih baik, dan teknologi baru dikembangkan untuk membuat GPS lebih akurat dan handal.

Di masa depan, GPS diperkirakan akan digunakan untuk lebih banyak aplikasi. Misalnya, dapat digunakan untuk memantau lalu lintas, melacak keberadaan satwa liar, dan bahkan memberikan bantuan dalam penanggulangan bencana.

Kesimpulan

GPS adalah teknologi yang kuat yang telah merevolusi cara kita bernavigasi dan berinteraksi dengan dunia di sekitar kita. Kemungkinan besar, GPS akan terus memainkan peran penting dalam kehidupan kita dalam beberapa tahun ke depan.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Teknologi Fast Charging Qi2 Wireless Charging di Power Bank

19 Juni 2024 - 14:22 WIB

Teknologi Fast Charging Qi2 Wireless Charging di Power Bank

Daftar Aplikasi Android Yang Terinfeksi Malware!

16 Juni 2024 - 14:50 WIB

daftar aplikasi android terinfeksi malware

Solusi Akun MI Lupa Password!

6 Juni 2024 - 13:17 WIB

solusi akun MI lupa password

Harga dan Cara Berlangganan Starlink

24 Mei 2024 - 13:12 WIB

harga langganan starlink

Penyebab dan Solusi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store!

22 Mei 2024 - 15:12 WIB

perangkat tidak kompatibel

Long Term Review Infinix Hot 40 Pro: User Experience Selain Gaming

21 Mei 2024 - 01:17 WIB

Trending di Majalah