Menu

Mode Gelap

Majalah · 23 Des 2022 WIB

Apa itu Internet, Intranet, dan Ekstranet? Apa Perbedaannya?


Apa itu Internet, Intranet, dan Ekstranet? Apa Perbedaannya? Perbesar

OAtekno.com – Internet, intranet, dan ekstranet adalah jaringan komputer yang berguna untuk komunikasi dan bertukar informasi. Namun, masing-masing jaringan tersebut memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal skala penggunaan, keamanan, dan tujuan penggunaannya.

Apa itu Internet?

Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara global dan tersedia bagi semua orang. Jaringan ini merupakan tempat yang paling populer untuk mengakses informasi dan berkomunikasi dengan orang pada seluruh dunia. Sebagai jaringan yang terbuka, jaringan ini memiliki risiko keamanan yang lebih tinggi berbanding dengan intranet dan ekstranet.

Apa itu Intranet?

Intranet adalah jaringan komputer yang hanya tersedia bagi sekelompok orang tertentu, biasanya pada suatu organisasi atau perusahaan. Jaringan ini tidak terhubung ke internet, melainkan hanya terbatas pada jaringan internal perusahaan atau organisasi. Keamanan jaringan ini lebih tinggi berbanding dengan internet, karena hanya anggota organisasi yang memiliki akses ke jaringan ini. Intranet berguna untuk mengelola dan memanajemen data organisasi, seperti mengelola payroll atau absensi karyawan.

Baca Juga: Cara Pemasangan CCTV EZVIZ C6

Apa itu Ekstranet?

Ekstranet adalah jaringan komputer yang terbatas pada sekelompok orang atau organisasi tertentu, namun terhubung ke internet. Jaringan ini biasanya digunakan untuk berkomunikasi dan bertukar informasi dengan mitra bisnis atau klien. Keamanan jaringan ini lebih rendah dari intranet, karena terhubung ke internet, namun masih lebih tinggi dari internet.

Perbedaan Internet, Intranet, dan Ekstranet

Jadi, perbedaan utama antara internet, intranet, dan ekstranet adalah skala penggunaan, keamanan, dan tujuan penggunaannya. Internet tersedia bagi semua orang dan memiliki risiko keamanan yang lebih tinggi. Intranet hanya tersedia bagi anggota organisasi tertentu dan memiliki keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan internet. Ekstranet terhubung ke internet namun hanya tersedia bagi sekelompok orang atau organisasi tertentu, dengan tingkat keamanan yang lebih rendah dibandingkan dengan intranet namun lebih tinggi dibandingkan dengan internet.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Mantap dengan Kirin, Huawei Siap Tinggalkan Snapdragon

12 Mei 2024 - 17:54 WIB

Cara Menggunakan AI untuk Cari Uang di 2024

1 Mei 2024 - 22:18 WIB

Perbedaan AC Standard VS Low Watt vs Inverter

14 April 2024 - 01:13 WIB

Beda tipe AC

Google Bard Kini Bisa Buat Gambar dengan AI

1 Februari 2024 - 21:57 WIB

Apa itu LFP (Lithium Ferro Phospate) ?

29 Januari 2024 - 11:56 WIB

Cara Cek Apakah Xiaomi anda Kebagian HyperOS sebagai Pengganti MIUI

28 Januari 2024 - 16:47 WIB

Trending di Majalah