Menu

Mode Gelap

Majalah · 25 Des 2022 WIB

Apa itu Pengisian Nirkabel atau Wireless Charging?


Apa itu Pengisian Nirkabel atau Wireless Charging? Perbesar

OAtekno.com – Teknologi saat ini sudah sangat berkembang pesat, khususnya untuk smartphone. Dulu kalau kita mau charge HP pasti selalu dengan kabel, sekarang ini untuk mengisi daya smartphone bisa hanya dengan menempelkannya saja. Pengisian daya nirkabel atau wireless charging. Apa itu pengisian nirkabel atau wireless charging? Simak artikel berikut ini.

Pengisian Nirkabel atau Wireless Charging

Pengisian nirkabel atau wireless charging adalah cara mengisi baterai pada perangkat elektronik seperti ponsel atau smartwatch tanpa menggunakan kabel. Cara ini sangat praktis karena tidak perlu mengeluarkan kabel charger atau mencari stopkontak untuk mengisi baterai.

Untuk menggunakan pengisian nirkabel, perangkat harus dilengkapi dengan fitur wireless charging atau mendukung teknologi Qi (sebutan untuk standar wireless charging). Kemudian, kalian hanya perlu menempatkan perangkat tersebut pada atas pad atau charger nirkabel yang telah terhubung ke sumber daya listrik. Beberapa perangkat mungkin juga memiliki fitur wireless charging dengan cara menempelkan coil (lilitan) pada bagian belakang perangkat ke pad atau charger nirkabel.

Selain pad atau charger nirkabel, ada juga beberapa aksesori seperti casing atau cover yang memiliki fitur wireless charging sehingga kalian tidak perlu mengeluarkan perangkat dari casing untuk mengisi baterai.

Baca Juga: Infinix Hot 20i Resmi Rilis Dengan Harga 1 Jutaan

Wireless charging juga sangat aman karena tidak terdapat kontak fisik antara perangkat dengan sumber daya listrik. Namun, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan selama proses pengisian, seperti tidak menempatkan perangkat terlalu jauh dari pad atau charger nirkabel, tidak menggunakan pad atau charger nirkabel yang tidak sesuai dengan spesifikasi perangkat, dan tidak menggunakan pad atau charger nirkabel yang rusak atau tidak terdaftar.

Dengan wireless charging, kalian tidak perlu lagi repot mengeluarkan kabel charger atau mencari stopkontak untuk mengisi baterai perangkat kalian. Selain itu, teknologi ini juga sangat aman dan praktis. Jadi, jika kalian memiliki perangkat yang mendukung fitur wireless charging, pastikan untuk mencoba teknologi ini untuk pengisian baterai yang lebih mudah dan nyaman.

 

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Mantap dengan Kirin, Huawei Siap Tinggalkan Snapdragon

12 Mei 2024 - 17:54 WIB

Cara Menggunakan AI untuk Cari Uang di 2024

1 Mei 2024 - 22:18 WIB

Perbedaan AC Standard VS Low Watt vs Inverter

14 April 2024 - 01:13 WIB

Beda tipe AC

Google Bard Kini Bisa Buat Gambar dengan AI

1 Februari 2024 - 21:57 WIB

Apa itu LFP (Lithium Ferro Phospate) ?

29 Januari 2024 - 11:56 WIB

Cara Cek Apakah Xiaomi anda Kebagian HyperOS sebagai Pengganti MIUI

28 Januari 2024 - 16:47 WIB

Trending di Majalah