Menu

Mode Gelap

Koran · 16 Jun 2024 WIB

Aplikasi Gmail Android Makin Canggih Berkat Gemini AI


Aplikasi Gmail Android Makin Canggih Berkat Gemini AI Perbesar

OAtekno.com – Aplikasi Gmail di Android akan segera memiliki fitur canggih yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI). Google berencana mengintegrasikan AI Gemini dengan menambahkan tombol khusus untuk Gmail Android.

Penambahan tombol khusus Gemini ini diharapkan akan membantu pengguna dengan berbagai fitur baru, seperti meringkas email dan menjawab pertanyaan langsung melalui aplikasi Gmail.

Fitur ini ditemukan pada versi aplikasi Gmail Android 2024.05.26.638440827.

Pembaruan ini menghadirkan tombol khusus Gemini AI yang dapat digunakan untuk membantu pengguna melalui fitur AI. Saat ini, fitur tersebut hanya tersedia untuk Gmail Android. Belum ada informasi mengenai ketersediaan Gemini untuk aplikasi Gmail di iPhone.

Gemini AI di Gmail akan memiliki tiga fitur utama, yaitu Summarize this email, List the next steps, dan Suggest a reply.

Fitur Summarize this email memungkinkan pengguna untuk meringkas email secara cepat menggunakan AI. Fitur List the next steps memberikan saran langkah yang dapat dilakukan pengguna. Terakhir, Suggest a reply memberikan saran balasan email yang sesuai.

Baca juga: YouTube Mulai Berantas AdBlock!

Fitur ini masih dalam tahap uji coba dan hanya dapat digunakan oleh sebagian kecil pengguna. Nantinya, fitur ini akan disempurnakan dan tersedia untuk semua pengguna Android.

Google Tingkatkan Kemampuan Gemini AI, Bisa Ingat Informasi secara Spesifik

Sebelum mengintegrasikan Gemini ke aplikasi Gmail Android, Google merilis fitur baru untuk meningkatkan kemampuan chatbot AI-nya, Gemini AI.

Fitur tersebut dinamai Memory, dan akan membantu Gemini dalam mengingat detail spesifik tentang pengguna untuk memberikan percakapan yang lebih intuitif di masa mendatang.

Fitur Memory ini adalah jawaban Google atas fitur serupa yang dihadirkan ChatGPT pada Februari 2024. Fitur Gemini AI ini akan hadir dalam beberapa hari mendatang.

Tipster Dylan Roussel mem-posting mengenai fitur ini di X (dulunya Twitter), dan mengklaim bahwa Google berencana menamai fitur ini ‘Memory’. Dylan juga membagikan tangkapan layar terkait perkenalan fitur tersebut di aplikasi Gemini.

Rumor tentang fitur ini pertama kali muncul tahun lalu, ketika laporan 9to5Google menyoroti bahwa raksasa teknologi tersebut sedang berupaya menambahkan memori kontekstual jangka panjang di chatbot-nya.

Diyakini fitur Memory akan menjadi bagian dari beberapa fitur AI baru yang akan dihadirkan di Gemini dalam beberapa minggu mendatang.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Samsung Rilis Galaxy Z Flip 6 Bertema Doraemon Limited Edition

16 Juli 2024 - 14:19 WIB

Samsung Rilis Galaxy Z Flip 6 Bertema Doraemon Limited Edition

Google Hentikan Dukungan Play Services untuk Android Lollipop

16 Juli 2024 - 14:09 WIB

5 Fitur Baru Google Maps Berbasis AI

16 Juli 2024 - 13:44 WIB

fitur baru google maps

Fitur Baru Google Maps di iPhone! Bantu Hindari Tilangan Polisi

15 Juli 2024 - 15:27 WIB

Fitur Baru Google Maps di iPhone! Bantu Hindari Tilangan Polisi

AmorePacific, Brand Kosmetik Asal Korea Selatan Luncurkan Lab Kecantikan Bertenaga AI

15 Juli 2024 - 15:15 WIB

AmorePacific, Brand Kosmetik Asal Korea Selatan Luncurkan Lab Kecantikan Bertenaga AI

Apple Update Tampilan Aplikasi Senter di iOS 18

15 Juli 2024 - 15:00 WIB

Trending di Koran