Menu

Mode Gelap

Tips · 12 Feb 2023 WIB

Cara Cek Model Laptop pada Windows atau Mac


Cara Cek Model Laptop pada Windows atau Mac Perbesar

OAtekno.com – Supaya dapat melakukan tindakan seperti install driver atau membeli komponen pengganti dengan tepat, kita tentu perlu mengecek terlebih dulu tipe atau model laptop yang berkaitan.

Jika kurang sesuai soalnya tidak akan bisa dipasang atau digunakan. Kalaupun dipaksakan, justru bisa menjadi sumber masalah baru di mana bahkan berisiko membuat perangkat laptop menjadi rusak atau tidak menyala.

Walaupun berbeda-beda untuk setiap perangkat, mengecek tipe laptop untungnya bisa sangat mudah untuk dilakukan. Kalian yang masih belum tahu dapat menyimak beberapa cara cek model laptop berikut ini.

Cara Cek Model Laptop

Melihat Label

Sejumlah manufaktur umumnya menyematkan sebuah label informasi yang berisi mulai dari tipe laptop hingga nomor seri di bodi perangkat, khususnya di bagian bawah. Selain itu, kita pun bisa menemukannya di kotak kemasan yang dipakai untuk mendistribusikannya.

Saat ingin mengetahui tipe dari laptop yang digunakan, kita pun bisa melirik ke label tersebut. Biasanya terletak di bagian belakang papan ketik (keyboard) atau sisi depan kotak kemasan walaupun manufaktur bisa saja memindahkannya.

Kalau tidak menemukan label informasi di bagian bodi perangkat atau kotak kemasan, kita juga bisa mencarinya dari dokumen-dokumen yang ikut disertakan saat penjualan. Bisa kartu garansi atau petunjuk pemakaiannya.

Melihat Setelan Sistem

Windows

  • Tekan tombol Start Windows

  • Buka Settings (ikon roda gigi)

  • Masuk ke bagian System

  • Buka halaman About

  • Lihat tipe laptop di atas atau bawah Device specifications

Jika tidak menemukan label yang memuat informasi mengenai tipe laptop, maka kita pun bisa mengintipnya lewat setelan sistem di dalam perangkat. Perlu kalian ingat bahwa setiap perangkat bisa saja memerlukan cara berbeda. Untuk Windows 10 dan Windows 11, kita dapat memakai langkah-langkah di atas.

MacBook

  • Klik Apple Menu di pojok kiri atas layar
  • Pilih opsi About This Mac dari menu yang muncul
  • Klik tab Overview jika menggunakan MacBook model lawas

Tak hanya pada laptop Windows, kalian juga bisa mengecek tipe atau model MacBook dengan menggunakan setelan sistem-nya. Walaupun langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda yang mana kurang lebih seperti cara di atas.

Baik mengecek tipe laptop melalui label yang tercetak pada perangkat maupun kotak kemasan atau lewat setelan sistem di dalamnya adalah cara paling praktis yang bisa kalian lakukan. Selain keduanya, sebenarnya juga bisa menggunakan cara lain seperti memakai aplikasi pihak ketiga. Itulah cara cek model laptop pada Windows atau Mac.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Cara Download Video X (Dulunya Twitter)!

2 Agustus 2023 - 08:00 WIB

cara download video twitter

Cara Daftar PeduliLindungi Yang Ganti Nama Jadi SatuSehat

1 Agustus 2023 - 08:00 WIB

cara daftar pedulilindungi

Cara Berlangganan Meta Verified Biar Instagram Centang Biru

31 Juli 2023 - 15:15 WIB

cara berlangganan meta verified

Meta Verified Resmi Hadir di Indonesia! Berikut Cara Berlangganannya!

29 Juli 2023 - 08:00 WIB

Meta Verified resmi hadir di Indonesia

Cara Mematikan Mode Offline Spotify di Laptop

25 Juli 2023 - 10:17 WIB

cara menonaktifkan mode offline spotify di laptop

Cara Main eFootball Mobile Bareng Teman!

22 Juli 2023 - 12:22 WIB

cara main efootball mobile bareng teman
Trending di Tips