Menu

Mode Gelap

Tips · 22 Jan 2023 WIB

Cara Mengatur Proxy Pada Aplikasi WhatsApp


Cara Mengatur Proxy Pada Aplikasi WhatsApp Perbesar

OAtekno.comSebagai alat komunikasi andalan bagi para pengguna perangkat seluler, WhatsApp memang harus senantiasa bisa berjalan secara lancar sehingga dapat diakses dari mana dan kapan saja.

Oleh karena itu, WhatsApp mengawali tahun 2023 dengan menambahkan sebuah pengaturan baru yang memungkinkan para pengguna memasang proxy ke dalam layanannya. Kita yang berada di Indonesia pun kini sudah dapat memakai dukungan tersebut.

Dengan dukungan untuk menggunakan proxy, kita kini tak perlu khawatir saat layanan mereka sedang dibatasi atau diblokir di suatu wilayah. Kita bisa memakainya agar tetap bisa mengakses WhatsApp secara lebih leluasa.

Apa Itu Alamat Proxy di WhatsApp?

Bagi kalian yang belum pernah mendengarnya, proxy adalah server perantara yang bertugas menjembatani pengguna dengan internet. Biasanya terpasang di sebuah sistem komputer maupun router yang menghubungkan keduanya.

Kita sebagai pengguna normalnya memang bisa langsung mengakses layanan internet apapun tanpa perantara. Hanya saja dalam kondisi tertentu, kita kadang kala memerlukan sebuah proxy supaya bisa melakukannya.

Proxy dalam hal ini bisa berfungsi sebagai sistem keamanan jaringan (firewall), penyaring konten, penyimpan data cache, hingga pengelola koneksi. Pada WhatsApp, dukungan tersebut pun secara khusus memungkinkan kita melewati pemblokiran atau pembatasan layanan.

Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi Get Contact

Saat mengaktifkan pengaturan proxy di WhatsApp, setiap percakapan yang dikirim atau diterima akan dilewatkan ke server terkait. Kemudian nanti baru diteruskan dengan IP mereka menggantikan alamat yang sebenarnya.

Prinsipnya memang terlihat cukup mirip dengan VPN (Virtual Private Network) tetapi tetap saja ada bedanya. Proxy salah satu di antaranya hanya akan meneruskan semua data yang dikirim atau diterima tanpa melakukan enkripsi pada lalu-lintasnya.

Meskipun begitu, kita tidak perlu khawatir. WhatsApp sudah memastikan bahwa semua pesan tetap akan terlindungi dengan enkripsi end-to-end dari layanan mereka. Jadi tidak akan bisa terlihat oleh selain pengirim dan penerima baik itu penyedia proxy maupun Meta.

Cara Mengatur Alamat Proxy di WhatsApp

  • Pertama-tama, siapkan alamat server proxy.
  • Selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian, ketuk tombol More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas.
  • Lalu, pilih Settings.
  • Selanjutnya, kalian masuk ke menu Storage and data.
  • Kemudian, ketuk Proxy settings.
  • Nyalakan pengaturan Use proxy.
  • Lalu, Klik opsi Set proxy.
  • Masukkan alamat server proxy yang kalian miliki.
  • Klik Save.

Sayangnya, WhatsApp tidak menyediakan server proxy yang bisa pengguna pakai untuk melewati pemblokiran atau pembatasan layanan. Namun hal itu bukan masalah karena ada banyak organisasi atau sukarelawan yang menyediakannya secara gratis. Itulah cara mengatur proxy pada aplikasi WhatsApp. Semoga kalian terbantu dengan cara tersebut.

Artikel ini telah dibaca 67 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Microsoft Copilot Kini Tersedia di Telegram! Berikut Cara Pakainya

19 Juni 2024 - 14:01 WIB

Cara Keluar Dari Safe Mode HP Vivo

18 Juni 2024 - 13:37 WIB

cara keluar dari safe mode hp vivo

Cara Memasukkan Foto ke File PDF

15 Juni 2024 - 14:29 WIB

cara memasukkan foto ke pdf

Apple Luncurkan AI Image Playground! Berikut Cara Menggunakannya

14 Juni 2024 - 13:41 WIB

Cara Membuat Link Kontak WhatsApp

13 Juni 2024 - 15:52 WIB

cara buat link kontak whatsapp

Cara Reset Data Windows 10 dan 11

12 Juni 2024 - 13:11 WIB

cara reset data windows 10 dan 11
Trending di Tips