Menu

Mode Gelap

Koran · 22 Nov 2023 WIB

Google Diam-Diam Izinkan Spotify untuk Bypass Pembayaran Play Store


Google Diam-Diam Izinkan Spotify untuk Bypass Pembayaran Play Store Perbesar

OAtekno.com – Play Store dan App Store adalah dua toko aplikasi paling populer di dunia. Kedua platform tersebut begitu besar sehingga volume ekonominya bernilai miliaran dolar. Namun, bagaimana Google dan Apple memperoleh keuntungan dari ini? Nah, mereka mendapatkan keuntungan melalui komisi, yang sering kali mencapai 15-30%. Google mewajibkan Setiap aplikasi di platform-platform Play Store untuk membayar komisi kepada perusahaan berdasarkan pendapatannya. Besarnya komisi ini terkadang menjadi topik perdebatan. Namun, Anda mungkin perhatikan bahwa masalah ini lebih menonjol di sisi Apple. Sepertinya Google, di sisi lain, memberikan perlakuan istimewa kepada favorit-favoritnya.

Perjanjian menguntungkan Google dan Spotify untuk menghindari biaya di Play Store

Sebuah perjanjian penting antara Google dan Spotify telah terungkap. Menurut kesaksian yang Don Harrison berikan, eksekutif Google yang bertanggung jawab atas kemitraan internasional, selama pertempuran hukum Google dengan Epic Games, perjanjian antara Google dan Spotify sangatlah murah hati. Dalam perjanjian ini, Spotify tidak membayar komisi apa pun kepada Google untuk pengguna yang membayar biaya langganan mereka menggunakan metode pembayaran milik Spotify sendiri. Untuk pengguna yang melakukan pembelian dengan menggunakan metode pembayaran Google, komisi yang dibayarkan hanya sebesar 4%.

Baca juga: Cara Mematikan Mode Offline Spotify di Laptop

Harrison menggunakan ungkapan yang mencolok untuk menjelaskan alasan di balik perjanjian ini. Menurut pejabat Google, Spotify memiliki tingkat popularitas yang “belum pernah terjadi sebelumnya” dan perlu berfungsi dengan sempurna dalam ekosistem Android. Harrison menyatakan bahwa mereka memberikan keistimewaan kepada Spotify karena mereka percaya bahwa jika tidak, pengguna mungkin akan mempertimbangkan untuk beralih dari Android.

Spotify dikenal sebagai perusahaan yang keras dalam mengkritik tarif komisi, terutama dalam kasus yang melibatkan Apple dan Epic Games. Dalam perselisihan hukum dengan Epic Games, perusahaan tersebut bahkan menuduh Apple melakukan monopoli di pasar. Bahkan, beberapa bulan yang lalu, Spotify memutuskan untuk menghentikan penerimaan pembayaran melalui App Store, dengan tujuan untuk menghindari membayar komisi kepada Apple.

Via

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Samsung Rilis Galaxy Z Flip 6 Bertema Doraemon Limited Edition

16 Juli 2024 - 14:19 WIB

Samsung Rilis Galaxy Z Flip 6 Bertema Doraemon Limited Edition

Google Hentikan Dukungan Play Services untuk Android Lollipop

16 Juli 2024 - 14:09 WIB

5 Fitur Baru Google Maps Berbasis AI

16 Juli 2024 - 13:44 WIB

fitur baru google maps

Fitur Baru Google Maps di iPhone! Bantu Hindari Tilangan Polisi

15 Juli 2024 - 15:27 WIB

Fitur Baru Google Maps di iPhone! Bantu Hindari Tilangan Polisi

AmorePacific, Brand Kosmetik Asal Korea Selatan Luncurkan Lab Kecantikan Bertenaga AI

15 Juli 2024 - 15:15 WIB

AmorePacific, Brand Kosmetik Asal Korea Selatan Luncurkan Lab Kecantikan Bertenaga AI

Apple Update Tampilan Aplikasi Senter di iOS 18

15 Juli 2024 - 15:00 WIB

Trending di Koran