Menu

Mode Gelap

Koran · 9 Okt 2022 WIB

Google didenda Rp 1,2 Triliun Karena Lacak Data Pengguna Secara Ilegal


Google didenda Rp 1,2 Triliun Karena Lacak Data Pengguna Secara Ilegal Perbesar

OAtekno.com – Google kembali dilaporkan dan mendapatkan sanksi denda karena telah melacak lokasi pengguna Android secara ilegal. Google didenda $85 Juta USD atau sekitar Rp 1,2 triliun kepada Arizona.

google didenda karena melacak user secara ilegal

Selain di Arizona, Google juga digugat oleh Jaksa Agung di Texas, Washington D.C dan Indiana karena keluhan serupa. Raksasa teknologi ini dituduh telah mengumpulkan data lokasi pengguna secara ilegal di beberapa wilayah tersebut.

Awal tahun ini, seorang Jaksa Agung di Arizona, Mark Brnovich telah menolak permintaan Google untuk membatalkan gugatan. Brnovich berpendapat, Google tetap melacak pengguna meski mereka telah mematikan pengaturan data lokasi di perangkatnya.

“Saya bangga dengan penyelesaian bersejarah ini, yang membuktikan tidak ada entitas yang kebal hukum, bahkan perusahaan teknologi besar,” kata Brnovich dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Gizchina (7/10).

Google didenda $85 juta adalah jumlah maksimum yang harus dibayar Google per orang dalam gugatan privasi. Tetapi mengingat pendapatan kuartalan Google, jumlah itu tidak akan banyak berdampak pada perusahaan.

Juru bicara Google, José Castaneda mengatakan gugatan di Arizona didasarkan pada kebijakan produk warisan perusahaan. Dia mengklarifikasi bahwa kebijakan Google telah berubah selama bertahun-tahun.

“Kami terus bekerja untuk meminimalkan data yang kami kumpulkan, menawarkan kontrol on-the-fly dan opsi penghapusan otomatis untuk data lokasi,” kata Castaneda.

Castaneda menambahkan bahwa Google bersyukur bahwa masalah tersebut akhirnya dapat diselesaikan. Perusahaan teknologi AS berkomitmen untuk tetap fokus dalam menyediakan produk yang membantu penggunanya.

Harap perhatikan bahwa pendapatan Google diperoleh dari hasil penayangan iklan ke banyak platform dan browser mereka. Untuk melakukan ini, perusahaan-perusahaan ini harus mengumpulkan banyak data tentang lokasi pengguna untuk menayangkan iklan yang relevan.

Sayangnya, pelacakan data oleh Google ini tampaknya melanggar kebijakan privasi pengguna. Akibatnya, perusahaan telah didenda beberapa kali karena melacak data pengguna secara ilegal.

 

src

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Aplikasi Oceanic+ Ubah Apple Watch Jadi Komputer Selam

1 Desember 2022 - 16:14 WIB

aplikasi oceanic+ dapat mengubah apple watch menjadi komputer selam

Samsung Galaxy S23 Unpacked Dijadwalkan Awal Februari 2023

1 Desember 2022 - 16:10 WIB

Samsung Galaxy S23 unpacked akan hadir pada Februari 2023 mendatang

Ratusan Juta Nomor WhatsApp Bocor dan Dijual Secara Bebas

30 November 2022 - 18:30 WIB

ratusan juta data nomor whatsapp bocor

Xiaomi Watch S2 Akan Hadir Dengan Dua Ukuran

30 November 2022 - 18:18 WIB

xiaomi watch s2 segera hadir dengan dua pilihan ukuran

Samsung Galaxy S23 Series Akan Dibekali Konektivitas Satelit

29 November 2022 - 14:43 WIB

Samsung Hadirkan konektivitas satelit untuk Samsung Galaxy S23 Series

Philips Hadirkan Monitor Profesional Terbarunya – 27B1U7903

29 November 2022 - 14:42 WIB

philips 27b1u7903 monitor profesional terbaru
Trending di Koran