Menu

Mode Gelap

Koran · 3 Nov 2022 WIB

Hangouts Resmi Dihentikan Google


Hangouts Resmi Dihentikan Google Perbesar

OAtekno.com – Google Hangouts, aplikasi obrolan teks, video, dan suara yang terpasang pada Gmail, akhirnya ditutup. Seperti yang diumumkan awal tahun, Google mengalihkan pengguna Hangouts ke Google Chat, aplikasi pesan instan sejenis WhatsApp namun untuk bisnis.

Per 1 November 2022, aplikasi web Google Hangouts tidak lagi tersedia. Ini merupakan penawaran terakhir yang tersedia bagi pengguna. Aplikasi versi Android dan iOS sudah lebih dulu dihentikan pada Juli 2022.

pengguna Hangouts akan dimigrasikan ke Google Chat

Setelah mengumumkan akan menghentikan Hangouts, Google meminta pengguna untuk bermigrasi ke Google Chat. Meskipun sebagian besar pesan dan kontak akan ditransfer secara otomatis, tidak semua data akan dimigrasikan ke Google Chat.

Google mencatat bahwa pengguna harus meggunakan Google Takeout untuk mengunduh dan menyimpan salinan data mereka. Pengguna memiliki waktu hingga Januari 2023 untuk menyimpan data mereka.

Sebagai informasi, Hangouts dimulai sebagai fitur di Google+ sebelum menjadi aplikasi mandiri. Layanan perpesanan ini memiliki 5 miliar unduhan di Google Play Store. Meskipun tidak dapat sepenuhnya menggantikan Hangouts, Google Chat menyediakan fitur tambahan untuk percakapan grup serta alat keamanan dan kolaborasi seperti Spaces.

Google Chat juga dapat mengedit Dokumen, Slide, atau Spreadsheet secara berdampingan dengan pengguna lain. Pengguna obrolan juga dapat mengirim GIF dan menggunakan @sebutan untuk memanggil seseorang di grup. Google sebelumnya mengatakan bahwa Chat adalah cara yang lebih baik bagi pengguna untuk terhubung dengan orang lain.

Kembali pada bulan Juni, Manajer Produk Google Chat, Ravi Kanneganti menulis di blog resmi mengatakan, “Saat kami mengambil langkah terakhir ini untuk membawa pengguna Hangouts yang tersisa ke Google Chat, kami berharap pengguna akan menghargai investasi berkelanjutan kami dalam menjadikan Obrolan sebagai tempat yang kuat untuk berkreasi dan berkolaborasi.”

Prediksi kami di OAtekno, Google Chat pun tak akan bertahan lama seperti halnya Hangouts dan Google Duo, karena Google saat ini masih punya Meet, yang sejatinya punya fungsi mirip-mirip dengan Google Chat, jadi kami yakin hanya tinggal tunggu waktu sampai Google akan melebur kedua aplikasi ini seperti halnya mereka melebur Google Meet dan Duo belum lama ini.

 

src

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Moto X40 Segera Hadir Dengan SoC Snapdragon 8 Gen 2

9 Desember 2022 - 20:09 WIB

Bocoran tentang Moto X40 yang akan hadir 15 Desember mendatang

Microsoft Teams Akan Hadirkan Fitur Komunitas

9 Desember 2022 - 20:01 WIB

fitur Komunitas di Microsoft Teams: Connect, collaborate, and share

Muncul Pada Sertifikasi 3C, Honor Bersiap Luncurkan Honor Pad V8 Pro Bulan ini

9 Desember 2022 - 19:43 WIB

muncul sertifikasi di 3c, Honor Pad V8 Pro dikabarkan akan hadir bulan desember

Intel Core 13th Gen Raptor Lake Saat ini Jadi Prosesor Paling Ngebut di Dunia

9 Desember 2022 - 19:37 WIB

Intel 13th Gen Raptor Lake Resmi Meluncur ke Indonesia

Panel AMOLED E6 Buatan Samsung Capai Kecerahan Hingga Lebih Dari 1.000 nit

9 Desember 2022 - 19:32 WIB

Kelebihan Samsung AMOLED E6

Harga dan Fitur Unggulan Xiaomi 12T 5G

9 Desember 2022 - 15:06 WIB

Hasil-Foto-Xiaomi-12T-5G-3
Trending di Koran