Menu

Mode Gelap

Majalah · 9 Mar 2023 WIB

Apakah Kelebihan 5G Sudah Dapat Dirasakan di Indonesia Secara Umum?


Apakah Kelebihan 5G Sudah Dapat Dirasakan di Indonesia Secara Umum? Perbesar

OAtekno.comBanyak orang masih merasa kurang mantap membeli smartphone dengan fitur 5G. Walaupun kelebihan 5G ada banyak dan lebih baik dari versi 4G, orang lebih memilih tidak upgrade smartphone mereka. Mengapa demikian? Hal ini berhubungan dengan coverage 5G yang masih terbatas di Indonesia!

Coverage 5G di Indonesia Masih Terbatas dan Lambat Berkembang
Hal yang menjadi masalah pada 5G adalah peralatan infrastruktur pendukungnya. Di Indonesia, kebutuhan internet biasa saja belum merata, apalagi kebutuhan cover 5G. Sampai saat ini sinyal 5G hanya dapat diakses pada beberapa tempat saja.

Konteks tempat di sini bukan hanya sekedar kota secara menyeluruh, tapi sekedar area saja. Contoh saja area wisata Borobudur dan area perumahan Pasar Minggu DKI Jakarta. Bila akses hanya dinikmati area kecil seperti ini, tentu saja tidak banyak orang melirik membeli smartphone 5G.

Memang dari segi kecepatan internet, kelebihan 5G dapat membantu dalam banyak hal. Contoh saja streaming dengan kualitas tinggi. Namun, jika hal tersebut tidak tersedia di area Anda, untuk apa membeli smartphone yang mampu menangkap sinyal jaringan tersebut?

Apakah Worth It Beli Smartphone 5G?

Selain masalah coverage yang rendah, banyak faktor lain yang membuat penggunaan smartphone 5G dipandang tidak worth it. Faktor yang paling jelas adalah seputar kecepatan yang disediakan sarana 5G di Indonesia.
Perbedaan 4G dan 5G memang cukup jauh dari segi kecepatan akses. Walaupun begitu, sinyal 4G sendiri sudah cukup cepat untuk berbagai kebutuhan di Indonesia. Jadi bagi pengguna umum, kecepatan 5G merupakan upgrade premium yang tidak harus dimiliki.

Walaupun menawarkan kecepatan tinggi, paket bayaran data 5G masih tergolong mahal. Bagi pengguna internet normal, bayar kuota sekitar 130 ribu Rupiah hanya untuk 60GB data per bulan tentu berat. Hal ini ditambang dengan penggunaan yang belum tentu bisa diakses pada semua tempat.

Halangan – halangan di atas tentu menghalangi penggunaan smartphone 5G di Indonesia. Kemungkinan saat area 5G sudah mulai banyak ditemukan dan juga harga paket tidak terlalu mahal, barulah adopsi smartphone 5G banyak terjadi.

Baca juga: Perbedaan Jaringan 4G dan 5G

Pastikan Cermat Mengetahui Kebutuhan Smartphone Anda!

Walaupun masih dinilai tidak worth it di Indonesia, memilih untuk beli smartphone 5G tentu tidak masalah. Hal ini terutama bagi Anda yang sudah menimbang kelebihan dan kekurangan seputar kepemilikan smartphone tersebut.

Bagi yang beli smartphone 5G, tentu Anda tidak masalah jika memiliki alasan yang kuat. Contoh saja tujuan beli tersebut untuk persiapan saat 5G menjadi lebih umum. Bagi yang tidak ganti HP selama 10 tahun penggunaan, pilihan ini tentu tidak masalah.

Jadi saat 5G sudah umum, Anda hanya perlu beli paket data yang mampu akses kecepatan 5G. Tidak perlu beli smartphone baru karena sudah memilikinya beberapa tahun sebelum 5G lebih mudah diakses.

Jika dilihat dari sisi kelebihan 5G, Anda memang dapat diuntungkan. Namun, ketahui juga bahwa untuk saat ini, masih banyak faktor penghalang sebagai pemilik smartphone 5G di Indonesia.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Apa Itu Google TV? Berikut Penjelasan Kelebihan Serta Kekurangannya!

26 Juni 2024 - 14:05 WIB

kelebihan dan kekurangan google tv

Teknologi Fast Charging Qi2 Wireless Charging di Power Bank

19 Juni 2024 - 14:22 WIB

Teknologi Fast Charging Qi2 Wireless Charging di Power Bank

Daftar Aplikasi Android Yang Terinfeksi Malware!

16 Juni 2024 - 14:50 WIB

daftar aplikasi android terinfeksi malware

Solusi Akun MI Lupa Password!

6 Juni 2024 - 13:17 WIB

solusi akun MI lupa password

Harga dan Cara Berlangganan Starlink

24 Mei 2024 - 13:12 WIB

harga langganan starlink

Penyebab dan Solusi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store!

22 Mei 2024 - 15:12 WIB

perangkat tidak kompatibel
Trending di Majalah