Menu

Mode Gelap

Tips · 18 Jul 2022 WIB

Mau Internet Rumah Lancar, Kenali Fungsi dan Cara Kerja Router


Mau Internet Rumah Lancar, Kenali Fungsi dan Cara Kerja Router Perbesar

cara kerja dari router

OAtekno.com – Berselancar di dunia maya kini telah menjadi kegiatan rutin yang selalu dilakukan masyarakat modern di setiap harinya. Tentu saja aktivitas tersebut harus didukung oleh koneksi Internet WiFi, namun dalam beberapa kondisi terkadang terdapat masalah yang memang bikin jengkel dan menghambat aktivitas digital di rumah.

Apalagi bagi yang masih bekerja dari rumah seperti saat ini, dimana kita biasa menghabiskan waktu bekerja yang memerlukan kelancaran internet ataupun saat waktu istirahat tiba dengan melakukan berbagai aktivitas digital mulai dari bermain sosial media, streaming film, yang tentunya akan menjadi tidak nyaman.

Mengalami gangguan pada koneksi Internet WiFi dapat terjadi dalam beberapa aspek seperti gangguan pada jaringan dari provider ataupun karena perangkat router yang bermasalah.

Bagi para pengguna Internet di rumah pasti sudah sering mendengar kata “router” tapi apakah kalian sudah tau apa sih router itu? dan bagaimana cara kerjanya? Router memiliki peran yang sangat penting loh, dengan menggunakan router, kita bisa mengakses internet dari berbagai jenis perangkat, seperti komputer, laptop, smartphone, ataupun smart TV secara bersamaan.

Lalu bagaimana fungsi dan cara kerja dari router, simak penjelasan berikut dari Biznet Home:

Menghubungkan Jaringan

Perangkat router adalah menghubungkan perangkat elektronik dengan jaringan internet. Kamu bisa menghubungkan beberapa jenis perangkat sekaligus ke router. Dengan begitu, kamu bisa menikmati akses internet dari perangkat yang dimiliki.

Mentransmisikan Informasi

Fungsi router yang kedua adalah untuk mentransmisikan informasi. Transmisi informasi atau data dari suatu jaringan menuju jaringan yang lain dimana sistem kerjanya mirip seperti jembatan jaringan.

Komunikasi data tersebut dapat kamu lakukan pada setiap perangkat yang terhubung dalam satu jaringan. Kemampuan router dalam melakukan transmisi data berdampak secara langsung pada kecepatan akses internet yang kamu dapatkan.

Sederhananya, cara kerja router adalah menghubungkan perangkat-perangkat yang berada di dalam jaringan dengan meneruskan paket data di antara mereka. Data ini dapat dikirim dari perangkat satu ke perangkat lain, atau dari perangkat ke internet.

Router dapat melakukan hal tersebut dengan menetapkan alamat IP lokal untuk masing-masing perangkat yang berada di dalam jaringan. Ini berfungsi untuk memastikan bahwa paket data berakhir di tempat yang tepat, dan tidak tersesat di dalam jaringan lain.

Setelah mengetahui betapa penting fungsi dan cara kerja dari router ini, maka kamu jadi lebih tau bagaimana cara kerja router yang jaringan Internet terkoneksi dengan laptop, smartphone, smart tv dan membentuk informasi atau data. Maka, router akan merapikan keluar dan penerimaan jaringan oleh perangkat yang menjadi cepat dan efisien.

Agar penerimaan jaringan lebih efisien, tentunya kamu juga perlu memakai layanan Internet yang sesuai dengan kebutuhan aktivitas digital dirumah, dengan #PakeBiznet kamu akan mendapatkan layanan Internet terbaik dengan teknologi The New Biznet Fiber membuat jaringan lebih stabil dengan kapasitas bandwidth lebih besar hingga 250 Mbps melalui layanan Biznet Home.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan teknologi inovasi dari Biznet, agar menciptakan koneksi jaringan luas dan stabil ke setiap sudut rumah, dengan perangkat Smart Internet WiFi. Dengan Teknologi Mesh WiFi AC1200 Whole-Home Mesh, memberi jangkauan Internet WiFi di rumah menjadi lebih cepat sampai dengan 800 Mbps.

Teknologi Smart Internet WiFi dari TP-Link Deco M4 dirancang khusus dan menjadi solusi serta kemudahan bagi pengguna Internet di rumah dalam mengatasi permasalahan cakupan sinyal WiFi

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Tutorial Penggunaan Companion Mode di Google Meet

20 Mei 2024 - 14:13 WIB

cara menggunakan companion mode di Google Meet

Solusi untuk Aplikasi Xiaomi yang Sering Force Close

19 Mei 2024 - 14:17 WIB

penyebab hp xiaomi sering force close

Cara Melacak Pergerakan Bus TransJakarta via Google Maps untuk Mengetahui Lokasinya

18 Mei 2024 - 14:27 WIB

Cara Cek Battery Health HP Vivo

17 Mei 2024 - 15:10 WIB

cara cek battery health hp vivo

Beberapa tips Isi Daya Ponsel dengan Aman, Agar Baterai Tetap Awet

16 Mei 2024 - 14:23 WIB

Cara Aktifkan Passkey WhatsApp Untuk Keamanan Akun

15 Mei 2024 - 14:42 WIB

cara aktifkan fitur passkey whatsapp
Trending di Tips