Menu

Mode Gelap

Majalah · 26 Agu 2022 WIB

Membedah Teknologi Transmisi D-CVT Daihatsu


Membedah Teknologi Transmisi D-CVT Daihatsu Perbesar

Suasana Sharing Teknologi Transmisi D-CVT Daihatsu bersama Sahabat Klub di Booth Daihatsu GIIAS 2022

OAtekno.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali menyelenggarakan Auto Clinic bagi 20 Komunitas otomotif yang tergabung dalam Daihatsu Official Club pada 20 Agustus 2022 lalu.

Acara yang bertempat di Booth Daihatsu GIIAS 2022 ICE BSD mengambil tema tentang Tips seputar transmisi Baru D-CVT ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar seputar Transmisi D-CVT mulai dari pengertian, fungsi, mekanisme, hingga tips dalam perawatannya.

Sebagai salah satu bagian penting dari mobil, Transmisi berfungsi untuk meningkatkan kecepatan ataupun torsi. Oleh karenanya Daihatsu terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk yang salah satunya adalah komponen transmisi.

Dengan mengembangkan transmisi baru yang disebut “D-CVT” (Dual Mode Continuously Variable Transmission) memiliki keunggulan akselerasi lebih halus, rasio gigi lebih panjang serta memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Teknologi D-CVT adalah transmisi yang memiliki mekanisme kerja menggunakan belt/pulley seperti CVT konvensional lainya, Namun yang berbeda adalah Kombinasinya dengan Planetary Gear. Perlu diketahui, saat ini ada beberapa tipe transmisi yang digunakan mobil-mobil di Indonesia seperti Manual, Automatic & CVT.

Penggunaan teknologi D-CVT juga tidak jauh berbeda dengan transmisi Automatic pada umumnya, seperti tuas transmisi pada posisi D (drive) untuk melaju, R (reverse) untuk mundur, dan pada transmisi Daihatsu Rocky dilengkapi dengan posisi S (sport) yang berfungsi untuk mendapatkan akselerasi lebih tinggi, juga posisi M (manual) yang memungkinkan driver dapat merasakan sensasi memindahkan gigi secara manual.

Sedangkan khusus pada model New Sirion dilengkapi dengan posisi B (brake) untuk memaksimalkan engine brake ketika dalam kondisi jalanan menurun.

Merawat transmisi D-CVT juga terbilang mudah, cukup 2 hal yang harus di pastikan yaitu: melakukan pengecekan volume serta kualitas oli secara berkala.

Pengecekan ini dapat dilakukan setiap 20.000 KM atau 12 bulan, dan penggantian oli setiap 80.000 KM atau 48 bulan mana yang lebih dulu tercapai.

Tak hanya itu, Sahabat Klub Daihatsu juga melihat secara langsung mekanisme kerja komponen transmisi ini di R&D Corner booth Daihatsu di GIIAS 2022 yang ditunjukkan melalui alat peraga atau simulator D-CVT.

“Kami berkomitmen selalu memberikan edukasi, salah satunya tentang teknologi terbaru Daihatsu kepada Sahabat Klub yang juga merupakan representasi pelanggan setia, sekaligus brand ambassador Daihatsu,” ujar Ben Faqih, People Development Department Head CSVC PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Apakah TV LED Termasuk TV Digital? Simak Penjelasan Ini

9 Desember 2022 - 20:10 WIB

apakah tv led termasuk tv digital?

Apa itu Ring of Fire? Faktor Indonesia Rawan Bencana Gempa

6 Desember 2022 - 17:34 WIB

Apa itu Ring of Fire?

Viral Set Top Box Meledak, Rekomendasi Set Top Box Bersertifikasi Kominfo

5 Desember 2022 - 21:09 WIB

set top box meledak

Mengenal Fitur ChatGPT, Kelebihan dan Kekurangannya

5 Desember 2022 - 18:25 WIB

apa itu ChatGPT?

Apa itu Snapdragon Sound?

19 November 2022 - 20:53 WIB

apa itu snapdragon sound?

Menilik Helio G99 yang Memperkuat realme 10

31 Oktober 2022 - 17:14 WIB

Trending di Majalah