Menu

Mode Gelap

Koran · 24 Des 2022 WIB

Meta Update Komputasi GPU VR Quest 2


Meta Update Komputasi GPU VR Quest 2 Perbesar

OAtekno.com –  Meta meningkatkan kekuatan GPU  (Graphics Processing Unit) untuk lini headset VR mereka, Quest 2 sebesar 7% lebih tinggi. Artinya, aplikasi dan game pada headset VR yang telah berumur dua tahun tersebut mungkin akan terlihat sedikit lebih baik dalam waktu dekat.

Untuk para pengembang, peningkatan tenaga seharusnya “meningkatkan kemampuan pengguna untuk menambah kerapatan piksel yang lebih tinggi tanpa mengurangi resolusi secara substansial untuk mencapai frame rate target,” tulis Meta lansiran dari The Verge. Dengan kata lain, “ini berarti visual aplikasi kalian akan terlihat lebih baik tanpa mengorbankan kualitas resolusi,” kata Meta.

Perbuahan ini memungkinkan karena Quest menggunakan frekuensi GPU 525 MHz baru, yang naik dari 490 MHz sebelumnya, dan “sistem dynamic clocking” dari perangkat akan secara otomatis menaikkan frekuensinya ketika mendeteksi aplikasi.

Baca Juga: OnePlus 11 Akan Hadir Dengan Snapdragon 8 Gen 2

Sayangnya, akan sedikit “sulit” untuk menggunakannya, pada pertama kali. Untuk saat ini, pengguna harus membuka aplikasi, melepas Quest 2 lalu mengaktifkan kembali untuk memanfaatkan peningkatan daya.

Selanjutnya, Meta memulai update pada V49 Quest 2, peningkatan daya itu akan segera tersedia pada aplikasi. Namun pengguna harus menunggu sedikit lagi untuk update tersebut karena Meta baru merilis V47 pada awal Desember.

Meta tidak mengantisipasi “dampak nyata” terhadap masa pakai baterai, menurut juru bicara David Gordon, karena “penggunaan daya tambahan akan kecil dan hanya terbatas pada kasus yang mana memerlukan komputasi GPU tambahan secara aktif.”

Untuk saat ini, belum ada aplikasi yang dirancang dengan mempertimbangkan frekuensi tambahan, tetapi “aplikasi saat ini yang terkadang terikat GPU” akan dapat memanfaatkannya secara otomatis, kata Gordon.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Xiaomi luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Special Edition

8 April 2024 - 13:13 WIB

4 Alasan realme 12+ 5G Paling Cocok jadi Teman Mudik

6 April 2024 - 07:57 WIB

Infinix Indonesia Luncurkan Produk IoT Serba Terjangkau

3 April 2024 - 01:50 WIB

Tampil Lebih Modern, realme Experience Store 3.5 Pertama di Indonesia Hadir di Surabaya

31 Maret 2024 - 15:33 WIB

Lenovo Indonesia Resmi Hadirkan ThinkStation P8, Workstation Solusi Profesional

31 Maret 2024 - 14:30 WIB

realme 12 5G Hadir sebagai Pilihan Utama untuk Ramadan, Tersedia di Seluruh Indonesia

31 Maret 2024 - 11:24 WIB

Trending di Koran