Menu

Mode Gelap

Koran · 5 Jun 2023 WIB

Hentikan Cortana, Microsoft Akan Fokus Pada Copilot dan Bing Chat


Hentikan Cortana, Microsoft Akan Fokus Pada Copilot dan Bing Chat Perbesar

OAtekno.com – Microsoft mengumumkan secara resmi penghentian asisten virtualnya, Cortana, pada platform Windows. Dalam dokumen dukungan terbaru, mereka menyatakan bahwa aplikasi Cortana yang berdiri sendiri, yang sering terlewat oleh pengguna, tak akan lagi menerima dukungan mulai akhir tahun ini.

Pengumuman Ini Sekaligus Umumkan Update Terakhir Windows 10

Keputusan ini menyusul pada perkenalan Windows Copilot, yang Microsoft umumkan dalam konferensi Microsoft’s Build 2023 seminggu yang lalu. Meskipun ada spekulasi bahwa Copilot akan menggantikan Cortana, Aaron Woodman dari Microsoft menjelaskan bahwa kedua layanan tersebut memiliki tujuan yang berbeda dan tak dapat saling menggantikan.

Meskipun Cortana tak akan lagi tersedia, Microsoft meyakinkan pengguna bahwa pengalaman AI masih akan dapat terakses pada Windows 11. Penggantian yang disebutkan dalam dokumen dukungan antara lain Windows Copilot, Bing baru, Microsoft 365 Copilot, dan akses suara pada Windows, yang memungkinkan pengendalian suara PC.

Nasib Cortana telah terlihat sejak beberapa waktu lalu. Fitur ini awalnya meluncur sebagai asisten virtual untuk Windows Phone 8.1 pada tahun 2014, kemudian Cortana hadir pada desktop dengan Windows 10. Microsoft memperluas keberadaan Cortana dengan mengintegrasikannya ke berbagai aplikasi, pendekatan ini mirip sekali dengan pendekatan Copilot saat ini.

Baca juga: Microsoft Edge Dapat Fitur Baru serta Perbaikan Bug!

Secara tidak langsung Microsoft telah mengakui bahwa Cortana tak layak untuk bersaing dengan Apple Siri, Google Assistant, Amazon Alexa, dan Samsung Bixby. Microsoft memisahkan Cortana dari Windows, menjadi aplikasi mandiri dan bukan fitur taskbar. Sampai akhir tahun 2023, Cortana tetap menjadi aplikasi di Windows 11 tanpa pembaruan atau fitur baru yang signifikan.

Saat ini, Microsoft lebih fokus pada Bing Chat dan Copilot. Fokus perusahaan pada AI sangat jelas, dengan rencana untuk melanjutkan dengan GPT-4, asisten suara yang lebih canggih, sebagai pengganti fungsionalitas dasar Cortana.

Microsoft menjelaskan bahwa Cortana masih akan tersedia pada Outlook mobile, Teams mobile, Teams display, dan Teams rooms. Namun, mengingat penghentian Cortana pada Windows serta kurangnya pembaruan terbaru, mungkin bukan saat yang ideal untuk membangun alur kerja pada asisten virtual ini.

Selain itu, penghentian Cortana bersamaan dengan berakhirnya era Windows 10 semakin dekat. Microsoft baru-baru ini mengonfirmasi bahwa versi 22H2 yang akan datang akan menjadi pembaruan fitur terakhir untuk sistem operasi Windows 10 ini. Dengan penghentian Cortana ini, berarti asisten virtual tersisa 4, yaitu Apple Siri, Google Assistant, Amazon Alexa, dan Samsung Bixby. Walaupun kami juga jarang memakai yang Samsung Bixby sih.

Src

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

HoYo Fest Hadir lagi di Indonesia!

19 Juli 2024 - 13:49 WIB

Kerja Sama dengan Liquid Aura, Poco Indonesia Adakan Kompetisi Esports Poco Extreme League

19 Juli 2024 - 13:36 WIB

Kerja Sama dengan Liquid Aura, Poco Indonesia Adakan Kompetisi Esports Poco Extreme League

Xiaomi Bersiap untuk Luncurkan Redmi Pad Pro

19 Juli 2024 - 13:13 WIB

redmi pad pro

Kini Telkomsel Terapkan AI di MyTelkomsel Super App

18 Juli 2024 - 15:12 WIB

Kini Telkomsel Terapkan AI di MyTelkomsel Super App

Apple Akan Hadirkan Fitur Pemulihan Foto dan Video yang Hilang di iOS 18

18 Juli 2024 - 15:01 WIB

Apple Akan Hadirkan Fitur Pemulihan Foto dan Video yang Hilang di iOS 18

Samsung Galaxy Tab S10 Ultra dan Tab S10+ Bakal Meluncur Tahun Ini!

18 Juli 2024 - 14:52 WIB

Samsung Galaxy Tab S10 Series Bakal Meluncur Tahun Ini! 1
Trending di Koran