Menu

Mode Gelap

Koran · 30 Jan 2023 WIB

MusicLM: AI Google Dengan Kemampuan Ciptakan Musik Dari Teks


MusicLM: AI Google Dengan Kemampuan Ciptakan Musik Dari Teks Perbesar

OAtekno.com – Google baru saja luncurkan alat AI yang bisa ciptakan musik berbasis deskripsi teks. Alat ini menggunakan teknologi deep learning dan dapat mengambil deskripsi teks apa pun, seperti judul lagu atau lirik, dan menciptakan musik yang sesuai dengan deskripsi tersebut.

AI Tool milik Google ini menggunakan 280,000 jam audio untuk pelatihan. Sistem baru ini mereka namai MusicLM dan menggunakan AudioLM, sebuah alat pembuat musik yang tersokong oleh AI yang cukup menarik perhatian pada Oktober lalu.

Cara kerjanya, yaitu memasukkan deskripsi musik ke dalam bentuk teks, kemudian sistem akan menghasilkan audio yang sesuai. Untuk hal ini, sistem perlu tahu jenis, panjang, genre, dll dari musik yang ingin pengguna buat.

Google menyebut kalau MusicLM masih memiliki beberapa bug. Seperti misalnya, AI Tool ini baru bisa membuat musik yang “tetapi konsisten dalam beberapa menit.” Jadi kemampuannya juga masih terbatas terkait konsistensi jenis musik dan durasi.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Fitur Tap to Wake di HP Infinix

Dapat mengubah genre musik?

Selain membuat musik, MusicLM juga dapat mengubah musik menjadi genre yang berbeda. Contohnya, kita ingin ubah lagu Padi – Menanti Sebuah Jawaban, menjadi genre Akustik, atau mungkin lagu Metal, tools ini dapat melakukan hal tersebut. Meskipun mungkin hasilnya juga belum begitu sempurna.

Google menyebut kalau pengguna dapat menggunakan tools AI Musik LM ini untuk berbagai hal. Misalnya, membuat musik untuk game, film dan aplikasi, yang mungkin selama ini cukup sulit untuk dibuat apalagi yang durasi-durasi yang panjang.

Para pengguna maupun penulis lagu sudah mulai mencoba MusicLM dan memberikan feedback positif untuk alat ini. Mereka menyebut kalau Tools AI ini dapat membantu mereka menciptakan musik baru dengan lebih cepat dan mudah.

Meskipun begitu, ada kekhawatiran kalau kecanggihan-kecanggihan teknologi ini akan menggantikan peran manusia. Namun, manusia memiliki kemampuan kreatif dan emosional yang unik, yang mana mesin tak dapat meniru hal tersebut.

Akan tetapi, AI dapat berguna sebagai alat bantu dalam proses kreatif yang menghasilkan konten baru yang menarik. Sementara itu, peran manusia tetap sebagai pembuat keputusan dari konten yang ingin mereka hasilkan.

Src

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

HoYo Fest Hadir lagi di Indonesia!

19 Juli 2024 - 13:49 WIB

Kerja Sama dengan Liquid Aura, Poco Indonesia Adakan Kompetisi Esports Poco Extreme League

19 Juli 2024 - 13:36 WIB

Kerja Sama dengan Liquid Aura, Poco Indonesia Adakan Kompetisi Esports Poco Extreme League

Xiaomi Bersiap untuk Luncurkan Redmi Pad Pro

19 Juli 2024 - 13:13 WIB

redmi pad pro

Kini Telkomsel Terapkan AI di MyTelkomsel Super App

18 Juli 2024 - 15:12 WIB

Kini Telkomsel Terapkan AI di MyTelkomsel Super App

Apple Akan Hadirkan Fitur Pemulihan Foto dan Video yang Hilang di iOS 18

18 Juli 2024 - 15:01 WIB

Apple Akan Hadirkan Fitur Pemulihan Foto dan Video yang Hilang di iOS 18

Samsung Galaxy Tab S10 Ultra dan Tab S10+ Bakal Meluncur Tahun Ini!

18 Juli 2024 - 14:52 WIB

Samsung Galaxy Tab S10 Series Bakal Meluncur Tahun Ini! 1
Trending di Koran