Menu

Mode Gelap

Majalah · 18 Mar 2023 WIB

Pahami 4 Perbedaan OLED dan QLED Ini Dulu Sebelum Membeli Televisi


Pahami 4 Perbedaan OLED dan QLED Ini Dulu Sebelum Membeli Televisi Perbesar

OAtekno.comBeberapa perusahaan pembuatan televisi besar saat ini sedang gencar mempromosikan layar televisi berteknologi OLED dan QLED. Sebagai konsumen, Anda harus paham terlebih dahulu mengenai OLED dan QLED. Anda bisa memahami keduanya dengan memahami perbedaan oled dan qled yang disematkan pada layar televisi.

Cara OLED dan QLED Membantu Mencerahkan Gambar pada Layar Televisi

Oled adalah Organic Light-Emitting Diode. Itu artinya, teknologi ini menggunakan diode berbahan organik. Bentuknya sangat tipis dan bisa memancarkan cahaya LED sendiri.
Saat arus listrik dinyalakan lapisan OLED dalam layar televisi juga akan menyala. Sehingga, gambar pada layar tampak lebih tajam, jernih, dan terang.
QLED adalah singkatan dari Quantum Light-Emitting Diode. Sesuai dengan namanya, teknologi ini juga menggunakan diode. Bedanya QLED tidak bisa menghasilkan cahaya sendiri.
Teknologi ini baru bisa bekerja jika dilewati oleh cahaya. Cahaya akan masuk melalui lapisan titik-titik quantum yang sangat kecil dan halus. Karena itu, gambar pada layar televisi akan tampak lebih cerah dan tajam.

Hasil Kehitaman Layar

Tingkat kehitaman layar sangat menentukan kualitas gambar yang dihasilkan oleh sebuah layar televisi. Baik layar televisi OLED ataupun QLED sama-sama mampu menghasilkan warna hitam. Lalu, apa perbedaan oled dan qled jika dilihat dari tingkat kehitaman layarnya?
OLED diklaim sebagai teknologi yang mampu menghasilkan tingkat kehitaman layar yang paling sempurna saat ini. Ketika televisi dinyalakan, OLED akan mematikan pikselnya secara total sehingga tidak ada pancaran cahaya apapun.
Layar QLED tidak bisa menghasilkan kehitaman layar sebaik OLED. Pasalnya, teknologi ini menghasilkan warna hitam dengan meredupkan cahaya yang ditangkap. Karena itulah, masih ada sisa cahaya di gambar berwarna hitam.

Baca juga: Jajaran Smart TV Sony Bravia 2023

Pancaran Jumlah Cahaya

Pancaran jumlah cahaya dari layar televisi OLED dan QLED juga juga berbeda. Layar OLED tidak bisa memancarkan cahaya dengan stabil. Karena itu, saat ruangan cerah, layar televisi oleh justru tidak bisa menghasilkan warna cerah yang maksimal.
Sebaliknya, layar QLED memiliki pancaran jumlah cahaya yang stabil dengan bantuan titik quantum. Karena itu, cahaya bisa maksimal tanpa mengurangi saturasi warna. Dengan begitu, gambar tetap cerah baik saat ruangan terang ataupun bahkan saat gelap.

Kecepatan Pergantian Warna

Anda juga bisa membedakan OLED dan QLED dari kecepatan pergantian warnanya. Ini adalah kecepatan piksel berganti dari satu kondisi ke kondisi selanjutnya. Berdasarkan kecepatan pergantian warna, layar OLED masih lebih baik dibandingkan layar QLED.
Pasalnya, kecepatan pergantian warna layar OLED hanya 0.1 milidetik saja. Kecepatan pergantian warna layar QLED mencapai 2 hingga 8 milidetik.
Mempelajari perbedaan oled dan qled akan membantu Anda untuk menentukan jenis televisi yang tepat. Dengan begitu, Anda bisa menikmati tayangan televisi dengan maksimal, khususnya dari tingkat kecerahan, kejernihan, dan ketajaman gambar.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Teknologi Fast Charging Qi2 Wireless Charging di Power Bank

19 Juni 2024 - 14:22 WIB

Teknologi Fast Charging Qi2 Wireless Charging di Power Bank

Daftar Aplikasi Android Yang Terinfeksi Malware!

16 Juni 2024 - 14:50 WIB

daftar aplikasi android terinfeksi malware

Solusi Akun MI Lupa Password!

6 Juni 2024 - 13:17 WIB

solusi akun MI lupa password

Harga dan Cara Berlangganan Starlink

24 Mei 2024 - 13:12 WIB

harga langganan starlink

Penyebab dan Solusi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store!

22 Mei 2024 - 15:12 WIB

perangkat tidak kompatibel

Long Term Review Infinix Hot 40 Pro: User Experience Selain Gaming

21 Mei 2024 - 01:17 WIB

Trending di Majalah