Menu

Mode Gelap

Tips · 15 Jul 2022 WIB

Solusi Mengatasi Kamera HP Samsung Buram Atau Susah Fokus


Solusi Mengatasi Kamera HP Samsung Buram Atau Susah Fokus Perbesar

solusi mengatasi Kamera HP Samsung yang buram

OAtekno.com – Berbagai kendala terkadang muncul saat kita menggunakan smartphone, mulai dari masalah software sampai dengan kersuakan hardware alias Fisik yang mungkin tidak kita inginkan. Kerusakan-kerusakan inilah yang terkadang memang tidak bisa kita hindari meskipun pengguna terbilang sudah cukup berhasi-hati menggunakan smartphonenya.

Salah satu kerusakan yang cukup ramai di perbincangkan beberapa dekade ini adalah kerusakan pada kamera dimana kerusakan yang terjadi juga sebenarnya cukup beragam kasus. Mulai dari kemasukan debu, air, lensa tergores, tidak fokus, gambar blur dan berbagai masalah lainnya.

Kualitas hasil bidikan kamera yang menurun juga bisa menjadi salah satu hal yang wajib untuk kamu ketahui, dimana dengan kualitas hasil bidikan kamera yang tidak seperti biasanya dikarenakan lensa kamera rusak. Masalah seperti lensa kamera yang bermasalah juga wajib untuk bisa kamu ketahui supaya nantinya tau cara mengatasinya.

Jalan keluaran pada kerusakan kamera memang pada adalah penggantian unit baru jika memang rusak secara hardware namun saat software yang rusak maka cara penanganannnya berbeda.

Berikut ini solusi mengatasi Kamera HP Samsung yang buram atau sulit untuk menemukan titik fokus.

Ada beberapa tips dan juga cara jitu untuk memperbaiki kamera hp samsung yang buram dan tidak fokus dengan beberapa langkah jitu dan tepat. Seperti dengan mengecek kondisi kamera yang pertama dari tampilan fisik seperti terkena goresan atau bagian dalam berdebu.

1. Cek Fisik Kamera

Langkah pertama yang perlu di ambil saat mengetahui kamera hp samsung kamu buram adalah dengan memperhatikan pada bagian fisik kamera smartphone. Perhatikan apakah ada baret, debu atau bahkan embun air di bagian lensa kamera.

Langkah awal ini langsung bisa mengetahui apakah kamera smartphone rusak karena fisiknya atau karena hal lain. Pastikan juga kamera berada di posisi yang sebenarnya, pasalnya beberapa kejadian seperti HP Terjauh membuat posisi kamera smartphone menjadi berpindah.

2. Jika Ada Goresan Pada Kamera Smartphone

Jika terjadi baret atau goresan pada fisik kamera maka langkah yang bisa kamu ambil adalah dengan menghilangkan baret tersebut. Dimana dengan adanya baret tersebut sudah pasti akan membaut hasil bidikan kamera menjadi tidak fokus karena terhalang baret pada bagian smartphone tersebut.

Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan braso, dimana braso terbukti cukup efektif mengatasi baret pada layar smartphone. Gunakan sedikit braso lalu gosok secara perlahan pada bagian lensa kamera sampai baret tersebut menghilang. Pastikan kamu menggosoknya menggunakan kain halus.

3. Jika Berembun

Jika kamu memeriksa bagian layar smartphone dan menemui bagian tersebut berembun pada bagian layarnya maka ada beberapa cara untuk mengatasinya. Dimana cara paling ampuh untuk mengtasi hal tersebut adalah dengan meremdam smartphone pada tumpukan beras selama 2 hari.

Cara memasukan smartphone dalam beras juga bisanya di lakukan pada saat smartphone kemasukan air. Jika cara ini gagal maka langkah selanjutnya adalah dengan mencoba mencopot body smartphone dan membersihkan bagian kameranya.

4. Kemasukan Debu

Beberapa kasus smartphone kemasukan debu pada bagian kameranya sehingga membuat smartphone tersebut menjadi blur dan tidak bisa membidik gambar dengan semestinya.

Meskipun cukup jarang kita jumpai pada smartphone samsung namun untuk mengatasi debu dan kotoran pastinya hanya bisa di bersihkan.

Kamu bisa membersihkan sendiri smartphone tersebut dengan cara membuka bodi dan membersihkan bagian kameranya. Namun akan lain cerita bila smartphone tersebut masih dalam masa garansi maka sangat di anjurkan untuk klaim garansi saja.

5. Lepas Casing Pelindung

Dalam beberapa kejadian kualitas kamera menjadi menurun lantaran menggunakan casing pelindung dimana casing pelindung memang sangatlah berguna di smartphone. Namun beberapa casing justru bakalan menurunkan perfoma kamera smartphone tersebut seperti terhalang casing sampai dengan pantulan LED lampu yang menjadi berantakan.

Kualitas LED yang terhalang casing membuat pencahayaan smartphone dengan bantual LED  memang menjadi menurun sehingga kamu wajib memperhatikan penggunaan casing pelindung smartphone.

Dari kasus tersebut sangat kami anjurkan kamu menggunakan casing pelindung yang bagus selain bisa melindungi smartphone dengan baik juga mampu mengoptimalkan kamera HP tersebut.

6. Reset Pengaturan Kamera

Langkah selanjutnya untuk mengoptimalkan kamera HP Samsung yang kulitasnya dirasa menurun adalah dengan melakukan reset kamera. Hal ini cocok untuk pengguna yang sudah melakukan beberapa setting sehingga pengaturan kamera berubah.

Dengan melakukan cara tersebut maka pengaturan kamera smartphone kamu akan kembali lagi ke pengaturan Default atau setelan pabrik. Buat kamu yang sudah melakukan beberapa settingan kamera namun lupa mengembalikan ke pengaturan lama maka cara ini merupakan pilihan yang harus di lakukan.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Fitur Baru WhatsApp Avatar! Ini Cara Membuat Avatar pada Aplikasi WhatsApp

6 Desember 2022 - 13:55 WIB

cara membuat avatar di whatsapp

Cara Membuat Twibbon Sendiri di Aplikasi Canva

3 Desember 2022 - 16:43 WIB

Cara membuat Twibbon di Canva

Bingung Hapus Halaman Kosong di Microsoft Word? Simak Cara Ini!

1 Desember 2022 - 16:22 WIB

cara menghapus halaman kosong pada microsoft word

Video TikTok di Draf Terhapus? Simak Cara Mengembalikannya

29 November 2022 - 14:44 WIB

cara mengembalikan video draf tiktok yang hilang

Cara Membeli Paket Vidio Agar Bisa Nonton Piala Dunia 2022

27 November 2022 - 05:10 WIB

cara beli paket vidio piala dunia 2022

Cara Membuat Polling atau Pemungutan Suara di WhatsApp

26 November 2022 - 07:03 WIB

cara membuat polling atau pemungutan suara di whatsapp
Trending di Tips