WA Kena Hack? Begini Cara Pemulihannya

OAtekno.com – Belakangan ini semakin terjadi modus penipuan dengan metode hacking Whatsapp (WA). Pada dasarnya ada dua kejadian dalam modus penipuan ini, yang pertama adalah pengambil-alihan kontrol WA atau yang biasa kita sebut hacking WA, dan yang kedua penipuan dengan nomor WA yang sudah diambil alih tersebut.

Jika langkah pertama alias hacking WA telah terjadi dan kita kehilangan kendali atas nomor WA pribadi, maka sebaiknya segera diatasi agar tahap kedua yaitu penipuan dengan nomor kita tidak menimpa korban yang biasanya keluarga, relasi, atau siapapun yang ada di phonebook.

Anda perlu memberi tahu teman dan keluarga jika Anda mencurigai ada orang lain yang menggunakan akun WhatsApp Anda karena orang tersebut dapat menyamar sebagai Anda di chat individual dan grup. Harap dicatat bahwa WhatsApp terenkripsi secara end-to-end dan pesan disimpan pada perangkat Anda sehingga orang yang mengakses akun Anda pada perangkat lain tidak dapat membaca percakapan Anda di masa lalu.

Dikutip dari pusat bantuan resmi Whatsapp, berikut adalah langkah-langkah yang dapat ditempuh untuk memulihkan akun tersebut :

  • Masuk ke WhatsApp dengan nomor telepon Anda dan verifikasi nomor telepon dengan memasukkan kode 6 digit yang diterima melalui SMS.
  • Setelah Anda memasukkan kode SMS 6 digit, orang yang menggunakan akun Anda akan dikeluarkan secara otomatis. Anda mungkin juga akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi dua langkah. Jika Anda tidak mengetahui kode tersebut, orang yang menggunakan akun Anda mungkin telah mengaktifkan verifikasi dua langkah. Anda harus menunggu selama 7 hari sebelum dapat masuk ke akun tanpa kode verifikasi dua langkah. Terlepas dari apakah Anda mengetahui atau tidak kode verifikasi tersebut, orang yang menggunakan akun Anda akan dikeluarkan setelah Anda memasukkan kode SMS 6 digit.

 

Catatan
  • Jika Anda memiliki akses ke akun Anda dan mencurigai bahwa seseorang menggunakan akun Anda via WhatsApp Web/Desktop, kami sarankan untuk keluar dari semua komputer menggunakan telepon Anda.
  • Untuk melindungi akun Anda, WhatsApp akan memberitahukan ketika seseorang mencoba masuk akun WhatsApp dengan nomor telepon Anda.