YouTube meluncurkan fitur baru bernama Klip

OAtekno.com – YouTube meluncurkan fitur barunya yang dinamakan Klip, walaupun mungkin belum semua pengguna YouTube terutama di Indonesia, menyadarinya.

youtube clip

Clip atau Klip dalam bahasa Indonesia pada waktu tulisan ini dibuat masih dalam versi alfa. Saat ini hanya kreator dalam jumlah terbatas yang dapat mengaktifkan fitur klip di channel-nya.

Fitur
Klip memungkinkan anda memilih dan membagikan bagian kecil (klip) video milik kreator kepada orang lain. Durasi klip adalah antara 5–60 detik dan akan diputar secara berulang, langsung di halaman video yang asli (versi full). Kreator dan penonton yang sudah login dapat membuat Klip untuk dibagikan melalui URL baru, dengan ini diharapkan bagian yang menarik dari video dapat lebih cepat disebarkan. Klip dapat dibagikan di saluran media sosial atau melalui komunikasi langsung (misalnya, email atau messaging services lainnya).

Cara Membuat dan membagikan klip
  1. Mulai menonton video yang memenuhi syarat di YouTube
  2. Di bawah video, klik ikon klip .
  3. Kotak buat klip akan muncul.
  4. Pilih bagian dari video yang akan dibuat klip. Anda dapat menambah (maksimum 60 detik) atau mengurangi (minimum 5 detik) durasi yang Anda pilih dengan menarik penggeser.
  5. Beri judul untuk klip (maks. 140 karakter).
  6. Klik tombol BAGIKAN KLIP.
  7. Akan muncul panel berisi berbagai opsi berbagi yang dapat digunakan:
    • Jaringan sosial: Klik ikon jaringan sosial (misalnya, Facebook atau Twitter) untuk membagikan video di sana.
    • Sematkan: Klik tombol Sematkan untuk membuat kode yang dapat Anda gunakan untuk menyematkan video di situs.
    • Email: Pilih ikon email untuk mengirim email menggunakan software email default di komputer Anda.
    • Salin link: Klik tombol SALIN untuk menyalin link ke video yang bisa Anda tempel di tempat lain, seperti di pesan email.

 

Dalam pembuatan artikel ini, penulis menemukan contoh video YouTube yang sudah menggunakan fitur klip salah satunya adalah video terbaru Raditya Dika.