Menu

Mode Gelap

Koran · 5 Des 2022 WIB

Android 13 Untuk Smart TV Telah Resmi Dirilis


Android 13 Untuk Smart TV Telah Resmi Dirilis Perbesar

OAtekno.com – Google resmi memperkenalkan sistem operasi (OS) Android 13 untuk Smart TV. Android TV 13 diperkenalkan Google melalui situs web resmi Developer Android.

Meski sudah diperkenalkan, Android TV 13 masih belum tersedia untuk publik. Android TV 13 baru tersedia untuk Developer. Jadi, OS ini belum bisa di install ke perangkat TV konsumen.

Pada situs resminya, Google menyatakan bahwa Android TV 13 ini hadir untuk menyempurnakan pengalaman pengguna serta peningkatan dalam hal kompatibilitas. Android TV 13 juga hadir dengan peningkatan user interface (UI) yang lebih baru.

Meski demikian, pembaruan di Android TV 13 terbilang cukup minim. Karena, fokus utama dari Android TV 13 saat ini adalah untuk menyediakan API baru agar dapat dimanfaatkan oleh para Developer untuk meningkatkan user experience.

Misalnya, dukungan agar resolusi dan refresh rate bisa disesuaikan pengguna melalui perangkat yang dihubungkan melalui port HDMI.

Baca Juga: Spotify Kini Dapat Melakukan Pembayaran Via Google Play

Selain itu, OS ini juga dilengkapi dengan dukungan penghemat daya yang lebih ditingkatkan, termasuk kemampuan untuk melakukan jeda saat memutar konten apabila sinyal dari HDMI berubah.

API lainnya yang diperbarui pada OS ini, yaitu API Keyboard Layouts memungkinkan pengembang memilih tata letak yang berbeda pada keyboard eksternal.

Peningkatan lainnya pada Android TV 13, yaitu dalam aspek privasi dan aksesibilitas. Contohnya, fungsi untuk mengontrol akses ke mikrofon melalui Google Assistant.

Sejauh ini, Android TV 13 baru tersedia untuk pengembang dengan mengakses ADT-3 Developer Kit atau menggunakan Android Emulator untuk TV. Android TV 13 untuk pengguna umum kemungkinan masih belum akan tersedia dalam waktu dekat.

Jadi, untuk pengguna non-developer yang mungkin mendapat pembaruan Android TV 13 dalam beberapa waktu ke depan, mungkin tidak akan mendapati perubahan besar karena pembaruan ini lebih fokus ke developer.

Src

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Pengguna iPhone Keluhkan Upgrade iOS 17.5 ada bug yang Tampilkan Foto Lama yang Sudah Dihapus dari Galeri

18 Mei 2024 - 14:10 WIB

pengguna iphone keluhkan foto lamanya kembali muncul di iOS 17.5

TECNO CAMON 30 Series Akan Segera Hadir di Indonesia, Ini Detail Spesifikasinya

18 Mei 2024 - 13:47 WIB

tecno camon 30 series akan meluncur ke indonesia

Harga serta Spesifikasi OPPO A60, Gadget Terjangkau yang Tahan Banting

18 Mei 2024 - 12:50 WIB

OPPO A60 harga dan spesifikasi

Melawan Hoaks Pemilu, Threads Hadirkan Fitur Periksa Fakta

17 Mei 2024 - 14:01 WIB

threads fitur pemeriksa fakta

realme C51s: Pilihan Smartphone Stylish dengan Kamera Canggih

17 Mei 2024 - 13:45 WIB

realme C51s

Oppo A60 Siap Mendarat di Indonesia, Hadir Dengan Rangka Yang Kuat di Harga Ekonomis

17 Mei 2024 - 13:23 WIB

OPPO A60
Trending di Koran