Menu

Mode Gelap

Majalah · 20 Des 2022 WIB

Apa Itu Cloud Computing?


Apa Itu Cloud Computing? Perbesar

OAtekno.com – Saat ini, banyak bisnis menggunakan cloud computing karena saat bisnis semakin besar dan berkembang, jumlah data yang mereka produksi juga akan semakin banyak.

Apa itu cloud computing? Mengapa kita dapat menyimpan dan mengakses data secara online dengan adanya cloud computing? Simak artikel ini.

Apa Itu Cloud Computing?

Apa itu cloud computing? Cloud computing merupakan sebuah teknologi server internet yang menyediakan pengguna untuk mengakses dan menggunakan layanan teknologi informasi. Layanan tersebut dapat berupa penyimpanan data, aplikasi, dan bahkan juga infrastruktur seperti server.

Cloud computing memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk kalangan perusahaan dan individu. Pertama, cloud computing memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk mengakses layanan yang mereka inginkan kapan saja dan di mana saja yang mereka inginkan, serta menyesuaikan dengan kebutuhan yang berubah-ubah.

Kedua, cloud computing memberikan efisiensi biaya karena pengguna hanya perlu membayar layanan yang sebenarnya, tanpa harus membeli peralatan dan mengeluarkan biaya tambahan untuk pemeliharaannya.

Cloud computing juga memiliki beberapa jenis yang dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan kalian. Jenis-jenis tersebut antara lain:

Baca Juga: Mau Main Game Android Pake Stik PS4? Simak Cara Berikut Ini!

Infrastructure as a Service (IaaS)

IaaS merupakan layanan cloud computing yang menyediakan infrastruktur seperti server, storage, dan jaringan kepada pengguna. Pengguna dapat mengakses dan menggunakan infrastruktur tersebut sesuai kebutuhan, tetapi harus mengelola sendiri sistem operasi, aplikasi, dan data yang terinstall di atasnya.

Platform as a Service (PaaS)

PaaS merupakan layanan cloud computing yang menyediakan platform atau lingkungan yang siap pakai untuk mengembangkan, menjalankan, dan mengelola aplikasi. Pengguna hanya perlu fokus pada pengembangan aplikasi saja, sedangkan infrastruktur yang diperlukan sudah tersedia oleh pihak cloud computing.

Software as a Service (SaaS)

SaaS merupakan layanan cloud computing yang menyediakan aplikasi yang siap pakai oleh pengguna melalui internet. Pengguna tidak perlu mengelola atau menginstal aplikasi tersebut pada komputernya, cukup membuka browser dan mengakses aplikasi tersebut melalui internet.

Cloud computing merupakan solusi yang efektif bagi perusahaan dan individu yang membutuhkan layanan teknologi informasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, efisien biaya, dan dapat diakses kapan saja dan di mana saja

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Mantap dengan Kirin, Huawei Siap Tinggalkan Snapdragon

12 Mei 2024 - 17:54 WIB

Cara Menggunakan AI untuk Cari Uang di 2024

1 Mei 2024 - 22:18 WIB

Perbedaan AC Standard VS Low Watt vs Inverter

14 April 2024 - 01:13 WIB

Beda tipe AC

Google Bard Kini Bisa Buat Gambar dengan AI

1 Februari 2024 - 21:57 WIB

Apa itu LFP (Lithium Ferro Phospate) ?

29 Januari 2024 - 11:56 WIB

Cara Cek Apakah Xiaomi anda Kebagian HyperOS sebagai Pengganti MIUI

28 Januari 2024 - 16:47 WIB

Trending di Majalah