Menu

Mode Gelap

Koran · 2 Jul 2023 WIB

Apple Menjadi Perusahaan Pertama di Dunia Dengan Mencapai $3 Triliun


Apple Menjadi Perusahaan Pertama di Dunia Dengan Mencapai $3 Triliun Perbesar

OAtekno.com – Dalam pencapaian luar biasa, Apple telah menjadi perusahaan publik pertama yang menutup hari perdagangan dengan nilai pasar $3 triliun yang mencengangkan. Didorong oleh kenaikan 2,31% pada sahamnya pada hari Jumat, raksasa teknologi ini telah menyaksikan lonjakan luar biasa, dengan harga sahamnya melonjak hampir 46% sepanjang tahun ini. Tonggak sejarah yang luar biasa ini menjadi lebih signifikan mengingat kapitalisasi pasar Apple sempat melebihi $3 triliun pada Januari 2022, tetapi gagal untuk menutup pada level tersebut.

Mendominasi Pasar Amerika Serikat

Daya tarik di balik kesuksesan pasar saham Apple yang luar biasa pada tahun 2023 adalah produk unggulannya, iPhone. Sejak diperkenalkan oleh almarhum Steve Jobs pada tahun 2007, iPhone telah memainkan peran sentral dalam perjalanan luar biasa Apple. Dengan penjualan kumulatif yang melebihi 2 miliar unit, iPhone terus menjadi kontributor utama pendapatan tahunan perusahaan, menyumbang hampir separuh dari total pendapatan.

Dominasi Apple di pasar smartphone terlihat jelas baik di Amerika Serikat maupun di China. Di AS, kelima smartphone terlaris semuanya merupakan produk iPhone, menguasai lebih dari 50% pangsa pasar. Demikian pula, di pasar China, iPhone memiliki keunggulan yang signifikan dengan menempati empat dari lima posisi teratas.

Meskipun menghadapi tantangan pasar baru-baru ini, Apple tetap kokoh. Pada kuartal kedua tahun fiskal 2023, pendapatan iPhone mencapai $51,334 miliar yang mengesankan, melampaui kinerja periode yang sama pada tahun sebelumnya dan mencetak rekor baru untuk satu kuartal.

Baca juga: Apple Patenkan Sistem Navigasi Gerakan Yang Lebih Efisien!

Sementara fokus industri teknologi telah beralih ke kecerdasan buatan (AI), Apple telah mengejar jalannya sendiri dengan penekanan terbatas pada teknologi yang sedang berkembang ini. Hal ini membedakan Apple dari pesaingnya, seperti Microsoft, Google, Nvidia, dan Meta, yang telah sepenuhnya merangkul AI. Menariknya, empat perusahaan Amerika lainnya, termasuk Alphabet, Microsoft, Amazon, dan Nvidia, saat ini memiliki valuasi melebihi $1 triliun.

Apple meraih kesuksesan dengan kombinasi faktor, termasuk peluncuran baru-baru ini dari Apple Vision Pro yang sangat pengguna nantikan, sebuah headset Augmented-Reality (AR) yang akan mereka jual pada tahun depan dengan harga $3.499 (Rp52 juta). Dengan peluncuran ini, Apple bertujuan untuk merevolusi industri AR.

Laporan keuangan kuartalan Apple yang lebih baik dari ekspektasi pada bulan Mei juga memperkuat reputasinya di kalangan investor. Meskipun terjadi penurunan penjualan dan keuntungan yang sedikit, kinerja Apple menunjukkan ketahanan dan memperkuat posisinya sebagai pemimpin industri teknologi.

Saat Apple terus berinovasi dan merebut pangsa pasar, perusahaan ini siap untuk menjaga lintasan impresifnya, membentuk masa depan teknologi dengan produk inovatif dan kesetiaan pelanggan.

Via

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Fitur Baru Google Maps di iPhone! Bantu Hindari Tilangan Polisi

15 Juli 2024 - 15:27 WIB

Fitur Baru Google Maps di iPhone! Bantu Hindari Tilangan Polisi

AmorePacific, Brand Kosmetik Asal Korea Selatan Luncurkan Lab Kecantikan Bertenaga AI

15 Juli 2024 - 15:15 WIB

AmorePacific, Brand Kosmetik Asal Korea Selatan Luncurkan Lab Kecantikan Bertenaga AI

Apple Update Tampilan Aplikasi Senter di iOS 18

15 Juli 2024 - 15:00 WIB

Fitur Penerjemah Milik Samsung Akan Terintegrasi dengan WhatsApp

14 Juli 2024 - 14:52 WIB

whatsapp live translate

Free Fire Kolaborasi dengan Naruto Shippuden!

14 Juli 2024 - 14:38 WIB

free fire naruto shippuden

Harga Game Pass Naik Mulai 12 September!

14 Juli 2024 - 14:26 WIB

Trending di Koran