ASUS ZenFone 8 : 2 Minggu Lagi

OAtekno.com – Di dunia smartphone, Asus adalah pabrikan asal Taiwan yang cukup unik, terutama di Indonesia, mereka sudah menyatakan hanya akan fokus di segmen tertentu, yaitu gaming dan flagship. Jika di gaming mereka punya ROG Phone 5 sebagai jagoan teranyar, maka untuk seri flagship, ZenFone 8 series segera diluncurkan.

Di laman resmi Asus.com, mereka sudah menyiapkan hitung mundur acara peresmian dari Zenfone 8 series, maka dapat dipastikan bahwa seri flagship terbaru mereka ini akan diluncurkan pada tanggal 12 Mei 2021. Yang membuat penasaran kali ini adalah, berapa jumlah variannya dan apakah akan kembali mengusung desain kamera berputar unik seperti di Zenfone 7 dan ZenFone 7 Pro?

Beberapa laporan mengklaim bahwa pabrikan yang berbasis di Taiwan tersebut kemungkinan besar akan mengumumkan sebanyak tiga smartphone seri ZenFone 8. Namun, secara resmi terkait dengan hal itu, ASUS sendiri belum mau berkomentar banyak. Dari teaser yang sudah ada saat ini, ASUS hanya menuliskan bahwa ZenFone 8 akan “Big on Performance” dan “Compact in Size.” Dari sini beredar spekulasi bahwa salah satu seri ZenFone 8 akan tiba dengan bodi berukuran kompak, dan kemungkinan perangkat tersebut akan datang dengan sebutan ZenFone 8 Mini. Laporan lainnya mengklaim bahwa ZenFone 8 Mini memiliki nama kode “Sake” dan nomor modelnya adalah SUS_ZS590KS/ASUS_I006D. ZenFone 8 Mini diharapkan hadir dengan layar OLED berkuran 5,92 inci dengan resolusi FullHD+ (1.080 x 2.400 piksel) dan refresh rate 120Hz. Ini akan didukung oleh chipset Snapdragon 888.

Sementara, dari Geekbench dapat dilihat bahwa ZenFone 8 Mini akan punya RAM hingga 16 GB. Belum ada kabar mengenai kapasitas baterai yang disematkan, namun sertifikasi TÜV SÜD-nya mengungkapkan bahwa smartphone tersebut punya dukungan pengisian daya cepat 30W. ZenFone 8 Mini kemungkinan akan tiba dengan lensa Sony IMX686 64 MP dan lensa Sony IMX663 yang baru. Smartphone ini juga diharapkan menampilkan penguat Cirrus CS35L45. Model kedua dalam lini ZenFone 8 dikatakan memiliki codename Picasso dengan nomor model ASUS_ZS672KS/ASUS_I004D. Model ini diharapkan hadir dengan spesifikasi seperti layar OLED 6,67 inci FHD+ dan refresh rate 120Hz, Snapdragon 888, RAM 16 GB, kamera 64 MP (Sony IMX686) + 12,2 MP (Sony IMX363) + 8 MP – Sistem tiga kamera telefoto (OmniVision) dan kamera depan 24 MP (OV24B1Q), serta dukungan prosesor visual Pixel i6.

Model ketiga dalam seri ini memiliki codename VODKA dan memiliki nomor model ASUS_Z5675KW/ASUS_I007D. Diharapkan tiba dengan spesifikasi seperti layar 6,7 inci dan Snapdragon 888. Kita tunggu saja informasi resmi dari Asus yang tentunya akan kembali dikabarkan di OAtekno.