Menu

Mode Gelap

Koran · 12 Des 2023 WIB

Bocoran Spesifikasi PS5 Pro! Sony Akan Ungkap September 2024


Bocoran Spesifikasi PS5 Pro! Sony Akan Ungkap September 2024 Perbesar

OAtekno.com – Pertempuran konsol generasi kesembilan terus berlanjut dengan penuh semangat. Sony, Nintendo, dan Microsoft bersaing keras untuk menjual lebih banyak konsol, game, dan langganan bulanan. Namun, waktu terus berjalan, dan teknologi terus maju dengan kecepatan yang luar biasa. Misalnya, Switch, yang rilis pada tahun 2017, sudah cukup ketinggalan zaman, dan penerusnya saat ini sedang pengguna nantikan. Dan situasinya tidak jauh berbeda pada front PS5.

Meskipun sudah mereka perkenalkan pada November 2020 dan absennya rilis game seperti GTA VI, perangkat tersebut sudah menunjukkan tanda-tanda usianya. Sebuah bocoran mengindikasikan bahwa itulah sebabnya Sony bersiap untuk menyegarkan teknologinya dengan produk sementara. Berikut adalah spesifikasi teknis dari PlayStation 5 Pro.

PlayStation 5 Pro Mendatang dari Sony Muncul dalam Bocoran

Dengan pengumuman rilis GTA VI pada tahun 2025, rumor tentang PlayStation 5 Pro juga meningkat. Menurut kabar ini, Sony bertujuan untuk memanfaatkan momentum di balik game tersebut, yang awalnya akan menjadi eksklusif untuk konsol, dan oleh karena itu berencana untuk mengungkapkan konsol baru mereka pada akhir tahun 2024. Selain itu, kita sudah mendengar banyak hal tentang perangkat tersebut hingga sekarang, termasuk beberapa detail teknis baru-baru ini. Sekarang, informasi lebih lanjut muncul di sebuah forum.

Baca juga: Sony Access Controller PS5 Sudah Bisa di Pre-Order via Web Resmi PlayStation!

Sebuah bocoran baru dari forum ResetEra telah mengungkapkan detail dan spesifikasi tambahan dari model PS5 Pro mendatang dari Sony, yang katanya akan mereka umumkan pada September 2024. Informasi ini berasal dari seorang pengguna yang mengklaim telah memperoleh detail tersebut dari sumber yang dapat kita percaya.

List bocoran PS5 Pro

Berikut adalah sorotan utama dari bocoran tersebut:

  • Produksi Viola menggunakan teknologi dari TSMC N4P.
  • GFX1115
  • CPU Viola mempertahankan arsitektur zen2 yang sudah di aplikasikan dalam PS5 yang ada untuk kompatibilitas, tetapi frekuensinya sekali lagi akan dinamis dengan puncak 4.4GHz. 64 KB L1 cache per inti, 512 KB L2 cache per inti, dan 8 MB L3 shared (4 MB per CCX).
  • Die Viola adalah 30WGPs ketika sepenuhnya aktif, tetapi hanya akan memiliki 28WGPs (56 CU) yang aktif untuk silikon dalam unit PS5 Pro ritel.
  • Trinity adalah hasil dari tiga teknologi kunci. Penyimpanan cepat (kompresi dan dekompresi yang ter-akselerasi karena hardware, sudah menjadi teknologi kunci PS5 yang ada), percepatan ray tracing, dan upscaling.
  • Arsitektur adalah RDNA3, tetapi mengambil peningkatan ray tracing dari RDNA4. Hardware RT akan menangani Traversal BVH yang mereka dedikasikan daripada sepenuhnya bergantung pada shader. Ini juga akan mencakup penyusunan ulang untuk mengurangi perbedaan data dan eksekusi, sesuatu yang mirip dengan SER Ada Lovelace dan TSU Intel Arc.
  • 3584 shader, 224 TMU, dan 96 ROP.
  • 16GB GDDR6 18 Gbps. Bus memori 256-bit dengan bandwidth memori 576 GB/s.
  • Target frekuensi GPU adalah 2.0 GHz. Ini membuat dual-issue TFLOPs berada dalam rentang puncak 28,67 TFLOPs (224 (TMU) * 2 (operasi, dual issue) * 2 (core clock)). 14,33 TFLOPs jika kita mengabaikan faktor dual-issue.
  • Peningkatan rasterisasi 50-60% dibandingkan Oberon dan Oberon Plus, lebih dari dua kali lipat kinerja RT mentah.
  • NPU XDNA2 akan ditampilkan untuk tujuan mempercepat teknik upscaling pembelajaran mesin temporal khusus Sony. Ini akan menjadi salah satu fokus inti dari PS5 Pro, seperti yang kita lihat dengan rendering catur untuk PS4 Pro. Output terupscale 4K yang stabil secara temporal pada lebih dari 30 FPS adalah tujuan.
  • Pengungkapan pada September 2024

Semua ini adalah informasi yang bocor, dan belum tentu akurat atau resmi sampai diumumkan secara resmi oleh Sony.

 

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Samsung Rilis Galaxy Z Flip 6 Bertema Doraemon Limited Edition

16 Juli 2024 - 14:19 WIB

Samsung Rilis Galaxy Z Flip 6 Bertema Doraemon Limited Edition

Google Hentikan Dukungan Play Services untuk Android Lollipop

16 Juli 2024 - 14:09 WIB

5 Fitur Baru Google Maps Berbasis AI

16 Juli 2024 - 13:44 WIB

fitur baru google maps

Fitur Baru Google Maps di iPhone! Bantu Hindari Tilangan Polisi

15 Juli 2024 - 15:27 WIB

Fitur Baru Google Maps di iPhone! Bantu Hindari Tilangan Polisi

AmorePacific, Brand Kosmetik Asal Korea Selatan Luncurkan Lab Kecantikan Bertenaga AI

15 Juli 2024 - 15:15 WIB

AmorePacific, Brand Kosmetik Asal Korea Selatan Luncurkan Lab Kecantikan Bertenaga AI

Apple Update Tampilan Aplikasi Senter di iOS 18

15 Juli 2024 - 15:00 WIB

Trending di Koran