Menu

Mode Gelap

Koran · 20 Jun 2024 WIB

Deretan Peningkatan iOS 18!


Deretan Peningkatan iOS 18! Perbesar

OAtekno.com – Apple baru saja mengumumkan serangkaian peningkatan untuk beberapa fitur di iOS 18, termasuk perubahan di FaceTime, Siri, dan aplikasi Wallet.

iOS 18 versi Beta telah tersedia bagi pengguna yang tergabung dalam program Apple Developer. Nantinya, versi Public Beta akan rilis pada Juli 2024. Bagi kamu yang penasaran tentang peningkatan apa saja yang hadir di ketiga fitur iOS 18, simak artikel ini.

Pengaturan Baru Siri di Audio Mobil

iOS 18 menghadirkan pengaturan baru yang memberikan peningkatan signifikan pada kualitas audio di Siri saat tersambung dengan audio mobil tanpa perlu terhubung ke CarPlay. Pengaturan baru ini bisa ditemukan di aplikasi Settings. Caranya, buka Settings > Siri > Siri Responses > “Respond over Media Source.”

Saat membuka menu tersebut, sistem akan menampilkan pemberitahuan “Siri will respond over A2DP car stereos, which is ideal while listening to media from your phone.” Notifikasi ini memberitahukan pengguna bahwa audio Siri akan lebih terdengar jelas saat terhubung dengan audio mobil.

Peningkatan di FaceTime

Menurut informasi dari Apple, FaceTime akan menggunakan lebih banyak data dalam mode Low Power di iOS 18 saat jaringan stabil. Hal ini akan meningkatkan kualitas panggilan video.

Peningkatan Keamanan di Aplikasi Wallet

Saat pengguna menambahkan identitas ke aplikasi Wallet di iPhone, kini mereka akan diminta untuk mengambil foto wajah secara langsung bersamaan dengan serangkaian gerakan kepala dan ekspresi wajah. Apple menjelaskan bahwa perangkat akan mengevaluasi Live Photo untuk memastikan bahwa orang yang menambahkan identitas tersebut adalah orang asli, bukan orang lain yang mencoba login menggunakan akun pengguna.

Baca juga: Microsoft Copilot Kini Tersedia di Telegram! Berikut Cara Pakainya

Deretan Fitur Baru Aplikasi Messages di iOS 18

Apple juga memberikan peningkatan signifikan di aplikasi Messages. Sejak pertama kali muncul di iPhone pada 2007, Messages telah menjadi andalan para pengguna iPhone untuk berkomunikasi. Pada iOS 18, Apple menghadirkan sejumlah fitur inovatif sebagai berikut:

Jadwalkan Pesan

Salah satu fitur paling menarik di iOS 18 adalah kemampuan menjadwalkan pesan. Setelah sebelumnya hanya tersedia di aplikasi Mail, kemampuan ini kini tersedia untuk pengiriman pesan melalui Messages. Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin mengatur waktu pengiriman pesan agar tidak mengganggu penerima atau menyesuaikan dengan waktu yang telah ditentukan.

Ekspresi Diri Lebih Kreatif

iOS baru ini hadir dengan berbagai fitur yang membuat pesan lebih personal dan menarik. Pengguna kini bisa menebalkan, memiringkan, menggarisbawahi, atau mencoret teks. Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan efek animasi pada huruf, kata, hingga frasa. Bahkan, sistem operasi ini juga bisa memberikan rekomendasi efek yang sesuai dengan isi pesan pengguna.

Kirim Pesan Tanpa Koneksi Internet

Fitur menarik lainnya dari Messages di iOS 18 adalah kemampuan mengirim pesan tanpa jaringan wi-fi atau seluler. Melalui kemampuan satelit yang sama seperti layanan Emergency SOS, pengguna iPhone 14 ke atas bisa mengirimkan pesan tanpa koneksi internet.

Fitur Baru Lain di Messages

RCS Messaging

Salah satu yang dinantikan di iOS 18 adalah dukungan untuk berkirim pesan teks SMS berbasis RCS dengan pengguna Android. Hal ini tentu akan memudahkan pengguna, karena RCS merupakan teknologi baru dengan kemampuan yang lebih baik dari SMS. Meski percakapan dengan RCS masih ditampilkan dalam bentuk gelembung hijau seperti SMS, pengalaman yang diberikan tentu lebih baik. Pengguna bisa melihat indikator orang lain yang sedang mengetik, read receipts, hingga berkirim foto berkualitas tinggi.

Apple Intelligence

Teknologi AI terbaru milik Apple ini turut meningkatkan kemampuan Messages. Meski tidak semua perangkat mendukungnya, fitur ini disebut dapat mengubah cara pengguna berkomunikasi. Salah satu kemampuan yang ditawarkan adalah memberikan saran mengenai hal yang harus ditulis berdasarkan analisis pesan sebelumnya. Selain itu, ada pula Genmoji, fitur yang memungkinkan AI membuat gambar berdasarkan deskripsi, konsep, atau bahkan seseorang dari galeri foto.

Tapback Semakin Ekspresif

Tapback merupakan cara cepat untuk merespons pesan, dan di iOS 18, kemampuan ini ditingkatkan. Sebab, tidak lagi terbatas pada beberapa emoji saja, pengguna bisa memakai emoji atau stiker apa pun, termasuk Live Sticker yang didesain sendiri.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Samsung Rilis Galaxy Z Flip 6 Bertema Doraemon Limited Edition

16 Juli 2024 - 14:19 WIB

Samsung Rilis Galaxy Z Flip 6 Bertema Doraemon Limited Edition

Google Hentikan Dukungan Play Services untuk Android Lollipop

16 Juli 2024 - 14:09 WIB

5 Fitur Baru Google Maps Berbasis AI

16 Juli 2024 - 13:44 WIB

fitur baru google maps

Fitur Baru Google Maps di iPhone! Bantu Hindari Tilangan Polisi

15 Juli 2024 - 15:27 WIB

Fitur Baru Google Maps di iPhone! Bantu Hindari Tilangan Polisi

AmorePacific, Brand Kosmetik Asal Korea Selatan Luncurkan Lab Kecantikan Bertenaga AI

15 Juli 2024 - 15:15 WIB

AmorePacific, Brand Kosmetik Asal Korea Selatan Luncurkan Lab Kecantikan Bertenaga AI

Apple Update Tampilan Aplikasi Senter di iOS 18

15 Juli 2024 - 15:00 WIB

Trending di Koran