Menu

Mode Gelap

Koran · 21 Nov 2023 WIB

Google Hapus Fitur Long-Press pada Notifikasi di Android 14


Google Hapus Fitur Long-Press pada Notifikasi di Android 14 Perbesar

OAtekno.com – Dalam pembaruan Android 14 terbaru, Google telah membuat perubahan yang mencolok dalam cara pengguna berinteraksi dengan ikon aplikasi di layar utama mereka. Berbeda dengan Android 13, di mana menekan ikon aplikasi dalam waktu lama menampilkan pemberitahuan terkini untuk aplikasi tersebut, Android 14 menghilangkan fitur ini. Sebaliknya, menekan ikon aplikasi dalam waktu lama sekarang menampilkan opsi seperti pintasan aplikasi, informasi aplikasi, kemampuan untuk menghentikan aplikasi, dan widget.

Banyak pengguna mengeluh tentang fitur ‘long-press’

Perubahan ini mungkin tidak terlihat signifikan pada pandangan pertama, tetapi secara halus mengubah cara pengguna mengelola dan melihat pemberitahuan mereka. Di versi sebelumnya, jika tray pemberitahuan kalian penuh dengan alert, kalian dapat dengan mudah melihat pemberitahuan untuk aplikasi tertentu langsung dari layar utama. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang menerima banyak pemberitahuan dan lebih memilih untuk menanganinya satu per satu berdasarkan aplikasi.

Namun, dengan Android 14, kenyamanan ini telah Google hilangkan. Google tidak memberikan alasan yang jelas untuk perubahan ini, tetapi mungkin statistik penggunaan internal memengaruhi keputusan ini. Selama Program Beta Android 14, Google mengonfirmasi bahwa penghapusan fitur pemberitahuan ini sengaja mereka lakukan dan bukan sesuatu yang mereka rencanakan untuk “diperbaiki.”

Baca juga: CEO Google Peringatkan Bahaya Install Aplikasi Dari Luar Play Store!

Respon dari para pengguna bervariasi. Sementara beberapa orang, jarang menggunakan fitur ‘long-press’ untuk memeriksa pemberitahuan, lebih memilih tray pemberitahuan, yang lain menemukan fitur ini sangat berguna dan sekarang meminta agar fitur tersebut bisa Google kembalikan seperti semula. Lebih dari seratus komentar baru telah terunggah sejak peluncuran stabil Android 14 pada perangkat Pixel, dengan pengguna yang meminta fitur ini dikembalikan.

Meskipun ada permintaan dari pengguna, sepertinya Google tidak memiliki rencana segera untuk mengembalikan fitur tersebut. Menu tekan lama saat ini dalam Android 14, yang terutama berfokus pada pintasan dan informasi aplikasi, tidak tampak mengalami perubahan signifikan. Mengembalikan fitur pemberitahuan mungkin tidak menyebabkan banyak gangguan, tetapi untuk saat ini, pengguna harus beradaptasi dengan cara baru ini dalam mengelola pemberitahuan mereka di perangkat Android.

Via

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Samsung Rilis Galaxy Z Flip 6 Bertema Doraemon Limited Edition

16 Juli 2024 - 14:19 WIB

Samsung Rilis Galaxy Z Flip 6 Bertema Doraemon Limited Edition

Google Hentikan Dukungan Play Services untuk Android Lollipop

16 Juli 2024 - 14:09 WIB

5 Fitur Baru Google Maps Berbasis AI

16 Juli 2024 - 13:44 WIB

fitur baru google maps

Fitur Baru Google Maps di iPhone! Bantu Hindari Tilangan Polisi

15 Juli 2024 - 15:27 WIB

Fitur Baru Google Maps di iPhone! Bantu Hindari Tilangan Polisi

AmorePacific, Brand Kosmetik Asal Korea Selatan Luncurkan Lab Kecantikan Bertenaga AI

15 Juli 2024 - 15:15 WIB

AmorePacific, Brand Kosmetik Asal Korea Selatan Luncurkan Lab Kecantikan Bertenaga AI

Apple Update Tampilan Aplikasi Senter di iOS 18

15 Juli 2024 - 15:00 WIB

Trending di Koran