Menu

Mode Gelap

Majalah · 27 Mar 2023 WIB

Makin Diminati Meski Harga TV OLED Melambung, Begini Cara Tepat Memilih TV OLED


Makin Diminati Meski Harga TV OLED Melambung, Begini Cara Tepat Memilih TV OLED Perbesar

OAtekno.comSama seperti smartphone, layar OLED pada TV pun menawarkan berbagai keunggulan yang sangat sayang bila dilewatkan. Meksi harga TV OLED lebih tinggi, tapi dari segi desain TV jenis ini juga kelihatan lebih menarik. Lihat saja TV OLED keluaran terbaru dari Panasonic, LG, hingga Sony yang rata-rata begitu tipis dan stylish.

Meski begitu, jangan tertipu dengan penampilannya. Sebab ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih TV OLED agar tidak keliru.

Tips Memilih TV OLED yang Tepat

Beberapa poin berikut ini patut dijadikan pertimbangan dalam memilih TV OLED yang sesuai kebutuhan.

Performa dan kualitas gambar

Pada dasarnya meskipun berbeda merk, panel TV OLED diproduksi oleh perusahaan yang sama. Sebab itulah, rata-rata TV OLED mampu menghasilkan tampilan gambar yang bagus. Walau begitu, tiap-tiap produsen memiliki kinerja pemrosesan gambar yang berbeda.

Untuk itu, hal pertama yang harus diperiksa adalah performa dan kualitas gambarnya. Jika perlu, cobalah fitur 4K upscaling untuk mengetahui seberapa bagus kualitasnya untuk menonton siaran digital dengan resolusi 4K. Selain itu, periksa pula kemampuan TV dalam memproses video dari internet.

Kualitas audio

Pertimbangan kedua saat membeli TV OLED adalah kualitas audionya. Tampilan gambar yang mumpuni juga harus didukung dengan performa speaker yang gahar. Untuk mengetahui, periksalah nilai output dari speaker yang biasanya ditampilkan dengan satuan W.

Beberapa speaker pada TV mempunya output maksimum sebesar 40 W – 50 W. Ada pula merk TV yang menghasilkan nilai output 140 W atau lebih. Prinsipnya, makin besar angka yang dihasilkan, maka makin keras pula suaranya.

Baca juga: Banyak Digunakan Pada Gadget Keluaran Terbaru, Ini Kelebihan Layar OLED

Pertimbangkan fiturnya

Tips selanjutnya selain harga TV OLED adalah mempertimbangkan fiturnya. Ada beberapa fitur yang ditawarkan oleh merk TV, mulai dari fitur motion blur, kompatibilitas, hingga fitur deteksi suara. Tidak sedikit pula yang menawarkan fitur audio berupa speaker Dolby Atmos.

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah chromecast, yakni memproyeksikan layar smartphone ke TV secara real-time. Makin lengkap fitur yang dimiliki sebuah TV, tentu akan lebih mahal pula harganya. Untuk itu, pertimbangkan baik-baik fitur apa saja yang dibutuhkan.

Pertimbangkan Merknya

Terakhir, pertimbangkan merk TV-nya. Masing-masing merek memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bahkan, performa yang dihadirkan pun juga berbeda. Sebab itu, carilah informasi mengenai performa, kualitas, dan fitur yang ditawarkan oleh beberapa TV dengan layar OLED.

Memilih TV yang sesuai kebutuhan sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan, lho. Selain mempertimbangkan soal harga TV OLED, empat poin di atas dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih TV. Jangan sampai perangkat elektronik yang dipilih justru tidak sesuai kebutuhan dan melampaui budget yang ada.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Teknologi Fast Charging Qi2 Wireless Charging di Power Bank

19 Juni 2024 - 14:22 WIB

Teknologi Fast Charging Qi2 Wireless Charging di Power Bank

Daftar Aplikasi Android Yang Terinfeksi Malware!

16 Juni 2024 - 14:50 WIB

daftar aplikasi android terinfeksi malware

Solusi Akun MI Lupa Password!

6 Juni 2024 - 13:17 WIB

solusi akun MI lupa password

Harga dan Cara Berlangganan Starlink

24 Mei 2024 - 13:12 WIB

harga langganan starlink

Penyebab dan Solusi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store!

22 Mei 2024 - 15:12 WIB

perangkat tidak kompatibel

Long Term Review Infinix Hot 40 Pro: User Experience Selain Gaming

21 Mei 2024 - 01:17 WIB

Trending di Majalah