Menu

Mode Gelap

Koran · 12 Nov 2022 WIB

MediaTek Luncurkan SoC Smart TV ; MediaTek Pentonic 1000


MediaTek Luncurkan SoC Smart TV ; MediaTek Pentonic 1000 Perbesar

OAtekno.com – MediaTek  baru saja meluncurkan Pentonic 1000, System-on-Chip (SoC) smart TV unggulan terbarunya yang dirancang untuk tampilan 4K 120Hz. Pentonic 1000 menggabungkan dukungan Wi-Fi 6/6E, MMEC untuk kualitas video yang lebih halus, prosesor AI yang kuat, Dolby Vision IQ dengan fitur Precision Detail, dan fitur Intelligent View 8 layar sehingga pengguna dapat menonton atau meninjau beberapa streaming konten sekaligus. Chipset ini juga mendukung codec video tercanggih dan standar siaran TV global dalam satu platform.

MediaTek Pentonic 1000 menggabungkan CPU multi-core yang kuat, GPU dual-core, AI Processing Unit (APU) khusus, serta mesin decoding video ke dalam satu cip. Cipset ini menyajikan dukungan resolusi hingga 4K pada refresh rate 120Hz dan mampu mendukung VRR (Variable Refresh rate) hingga 4K pada 144Hz untuk aplikasi game. Selain itu, didukung frame rate super cepat untuk permainan yang lebih halus, cipset ini menghadirkan pengalaman bebas lag dengan fitur Auto Low Latency Mode (ALLM).

Teknologi Intelligent View dari MediaTek yang eksklusif ini memungkinkan para konsumen menonton berbagai sumber media yang berbeda dan konferensi video dengan teman-teman mereka secara bersamaan dengan kualitas gambar yang luar biasa di setiap tampilan berkat rangkaian teknologi AI dari MediaTek. Teknologi Intelligent View menonjol dalam persaingan di pasaran dengan memungkinkan pengguna menampilkan hingga delapan tampilan dalam satu tampilan (konten 4 kali lebih banyak dibandingkan dengan solusi alternatif) serta menyediakan sinkronisasi video dan grafis yang mulus saat pengguna memindahkan, menukar, dan mengubah ukuran jendela.

Bergabung dalam rangkaian teknologi Advanced Imaging Dolby yang tersedia melalui Dolby Vision IQ, Precision Detail membuka lebih banyak konten Dolby Vision dengan memperlihatkan detail luar biasa di area terang dan gelap. Dengan tekstur dan kedalaman tambahan, gambar mengambil dimensi baru dengan ketajaman yang menakjubkan di smart TV 4K. Selain Precision Detail, teknologi Intelligent View MediaTek yang dipasangkan dengan kecanggihan terbaru Dolby dalam teknologi pencitraan dapat memproses beberapa streaming Dolby Vision secara bersamaan. Konsumen saat ini dapat menonton sumber media yang berbeda secara bersamaan di Dolby Vision di banyak jendela. Semuanya dengan detail yang menakjubkan.

“Dengan mengintegrasikan Dolby Vision IQ dan Precision Detail, Pentonic 1000 memungkinkan smart TV 4K untuk memperluas pengalaman Dolby Vision,” ujar Mathias Bendull, Vice President, Living Room di Dolby Laboratories. “Dolby akan bekerja sama dengan MediaTek dan mitra OEM kami untuk menghadirkan pencitraan Dolby Vision yang menakjubkan agar makin banyak orang menggunakan Smart TV 4K.”

“Kami merancang MediaTek Pentonic 1000 secara khusus untuk mengakomodasi tren smart TV saat ini, termasuk streaming 4K, game cloud, konferensi video, dan aktivitas menonton bersama,” kata Alex Chen, General Manager Unit Bisnis TV di MediaTek. “Dengan dukungan untuk konten 4K HDR, frame rates 120Hz, MEMC, peningkatan AI, konektivitas Wi-Fi 6/6E, dan codec canggih seperti VVC, Pentonic 1000 akan menghadirkan pengalaman menonton 4K terbaik.”

Mesin AI on-chip Pentonic 1000 menghadirkan peningkatan AI terdepan di industri dengan kinerja dan efisiensi daya yang lebih tinggi dibandingkan dengan platform multi-chip lainnya. Teknologi AI-Super Resolution (AI-SR) dari MediaTek yang ditingkatkan menghasilkan penghalusan tepi dan rekonstruksi detail untuk membuat resolusi FHD terlihat seperti resolusi 4K, sedangkan teknologi AI-Picture Quality (AI-PQ) Scene Recognition dan AI-PQ Object Recognition-nya meningkatkan kualitas gambar untuk persepsi kedalaman yang realistis sehingga mampu menghidupkan konten.

Fitur utama lainnya dari MediaTek Pentonic 1000 meliputi:

  • Konektivitas yang sangat cepat: Dengan dukungan Wi-Fi 6/6E, konsumen dapat menikmati game cloudlatensi rendah dan streaming video 4K tanpa gangguan.
  • Video Global dan Decoding 4K120p Built-in: Pentonic 1000 tidak hanya mendukung standar ATSC 3.0, AV1, HEVC, VP9 dan AVS3 yang populer, tetapi juga dirancang untuk VVC (H.266) untuk mengantarkan gelombang pertama adopsi format VVC.
  • Fitur Audio canggih: Cipset ini memiliki fitur asisten suara mutakhir sehingga konsumen dapat menggunakan smartTV mereka untuk terhubung dengan perangkat rumah pintar lainnya, bersama dengan suara Dolby Atmos yang imersif.

Smart TV yang ditenagai oleh Pentonic 1000 akan tersedia di pasaran pada kuartal pertama tahun 2023. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang portofolio MediaTek Pentonic smart TV, bisa mengunjungi: https://www.mediatek.com/products/smart-home/digital-tv

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Moto X40 Segera Hadir Dengan SoC Snapdragon 8 Gen 2

9 Desember 2022 - 20:09 WIB

Bocoran tentang Moto X40 yang akan hadir 15 Desember mendatang

Microsoft Teams Akan Hadirkan Fitur Komunitas

9 Desember 2022 - 20:01 WIB

fitur Komunitas di Microsoft Teams: Connect, collaborate, and share

Muncul Pada Sertifikasi 3C, Honor Bersiap Luncurkan Honor Pad V8 Pro Bulan ini

9 Desember 2022 - 19:43 WIB

muncul sertifikasi di 3c, Honor Pad V8 Pro dikabarkan akan hadir bulan desember

Intel Core 13th Gen Raptor Lake Saat ini Jadi Prosesor Paling Ngebut di Dunia

9 Desember 2022 - 19:37 WIB

Intel 13th Gen Raptor Lake Resmi Meluncur ke Indonesia

Panel AMOLED E6 Buatan Samsung Capai Kecerahan Hingga Lebih Dari 1.000 nit

9 Desember 2022 - 19:32 WIB

Kelebihan Samsung AMOLED E6

Harga dan Fitur Unggulan Xiaomi 12T 5G

9 Desember 2022 - 15:06 WIB

Hasil-Foto-Xiaomi-12T-5G-3
Trending di Koran