Menu

Mode Gelap

Koran · 30 Okt 2022 WIB

Redmi A1, Cara Xiaomi Kuasai Segmen Sejutaan


Redmi A1, Cara Xiaomi Kuasai Segmen Sejutaan Perbesar

OAtekno.com – Resmi sudah Xiaomi Indonesia meluncurkan salah satu hape termurah dan teruniknya, Redmi A1. Desain kemasan penjualan Redmi A1 dirancang oleh Mi Fans itu sendiri, sehingga mereka merasa menjadi ‘bagian’ dari Xiaomi. Lebih detailnya, boks Redmi A1 mengusung tema kekayaan budaya Indonesia yang didesain oleh seorang Mi Fans bernama Sigit Setyo Nugroho.

Jika diamati dengan teliti, desain kemasan Redmi A1 menggambarkan suasana Toraja yang memperlihatkan pemuda desa yang tengah menunggang kerbau sambil memegang smartphone dan dari kejauhan terlihat Candi Borobudur. Ya, nuansa Indonesia sangat melekat dengan desain HP terbaru Xiaomi tersebut, seolah membangkitkan semangat persatuan pada momen Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

 

TKDN Terbesar

Bukan hanya dari dan untuk Mi Fans, kelahiran Redmi A1 menandai sebuah rekor baru, yakni tercatat sebagai smartphone 4G pertama yang memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) tertinggi saat diluncurkan, menyentuh angka 40,3 persen.

Atas pencapaian ini, Staff Ahli Menteri Perindustrian Bidang Iklim, Usaha dan Investasi, Andi Rizal, mengapresiasi keseriusan dan komitmen Xiaomi untuk memuat kandungan lokal terhadap produk yang mereka luncurkan.

“Terima kasih terhadap Xiaomi Indonesia yang mendukung upaya pemerintah untuk mendorong industri telepon seluler, komputer genggam, dan komputer tablet atau yang biasa kita kenal dengan istilah HKT dengan terus berinovasi dan meningkatkan capaian dari TKDN sebesar 40,3 persen,” ujar Andi di kawasan SCBD Jakarta pada Jumat (28/10/2022).

Peningkatan TKDN Redmi A1 juga selaras dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang telah menargetkan proses SMT, desain mekanikal industri, kasing, baterai, casis molding design, dan antena agar dapat diproduksi di Tanah Air.

Berkat aspek manufaktur (penyediaan mesin produksi, penggunaan tenaga kerja lokal, penambahan proses SMT untuk perakitan PCB), pengembangan produk untuk perangkat lunak secara lokal, dan pengembangan aplikasi yang bermitra dengan perusahaan lokal, Redmi A1 mampu melebihi standar TKDN yang ditetapkan pemerintah lewat Peraturan Menteri Kominfo Nomor 13 Tahun 2021.

Direktur Xiaomi Technology Indonesia Manish Dang menyampaikan, sinergi antara Xiaomi dan pemerintah Indonesia akan berimbas pada akselerasi teknologi yang bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Xiaomi meyakini bahwa semua masyarakat di dunia berhak menikmati inovasi teknologi, oleh karena itu Redmi A1 hadir di Indonesia guna memberikan akses bagi seluruh lapisan masyarakat dalam mengakses teknologi yang dapat memengaruhi kehidupannya sehari-hari menjadi lebih baik,” imbuh Manish Dang.

Spesifikasi dan Harga

Desain Redmi A1 mengusung flat frame design curved unibody di bagian belakang. Agar lebih estetik, raksasa teknologi asal Tiongkok itu melapisi casing perangkat dengan balutan leather texture yang tampak mewah, meski smartphone ini diterjunkan untuk berkompetisi di pasar HP murah. Warna Redmi A1 sendiri tersedia dalam pilihan warna Black dan Light Blue.

Untuk tampilan visualnya, layar Redmi A1 mengusung konsep Dot Drop Display berukuran 6,52 inci yang mampu menghasilkan gambar kualitas HD+ dengan aspek rasio 20:9.

Di sektor dapur pacu, spesifikasi Redmi A1 dipersenjatai chipset MediaTek Helio A22 yang membawa prosesor octa-core berkecepatan maksimal 2.0 GHz. Chip ini sudah mendukung teknologi memori LPDDR4X + eMMC 5.1, plus ekspansi RAM. Perangkat dijalankan dengan sistem operasi Android 12.

Redmi A1 hadir dalam dua konfigurasi RAM + ROM, yakni 2 GB + 32 GB dan 3 GB + 32 GB. Jika ruang penyimpanannya dirasa kurang, pengguna masih dapat mendongkraknya hingga 1 TB via MicroSD. Slot memori eksternal tersebut ditempatkan bersamaan dengan kartu SIM ganda dalam jaringan 4G.

Untuk urusan fotografi, pengguna dapat memaksimalkan kamera Redmi A1 yang mengusung konfigurasi dual 8 MP + 5 MP (kamera belakang) dan 5 MP untuk kamera swafoto.

Beralih ke urusan daya tahan, perusahaan induk POCO tersebut membenamkan kapasitas 5.000 mAh ke dalam baterai Redmi A1. Kecepatan pengisian dayanya memang cuma 10 Watt, tapi tentunya ini salah satu kompromi dari harga menarik yang ditawarkannya.

Calon konsumen di Indonesia cukup menyiapkan kocek senilai Rp 1,149 ribu untuk menebus harga Redmi A1 2/32 GB, sedangkan harga Redmi A1 3/32 GB di Indonesia dibanderol senilai Rp 1,249 juta.

Pelanggan sudah dapat membelinya pada sesi penjualan perdana mulai 4 November 2022, yang dilakukan secara online di Mi.com, Xiaomi Official store di Tokopedia, Shopee, JDID, Blibli dan Akulaku. Sedangkan distribusi luringnya tersedia di seluruh Xiaomi Store, Xiaomi Shop, dan Erafone yang ada di Indonesia.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Aplikasi Oceanic+ Ubah Apple Watch Jadi Komputer Selam

1 Desember 2022 - 16:14 WIB

aplikasi oceanic+ dapat mengubah apple watch menjadi komputer selam

Samsung Galaxy S23 Unpacked Dijadwalkan Awal Februari 2023

1 Desember 2022 - 16:10 WIB

Samsung Galaxy S23 unpacked akan hadir pada Februari 2023 mendatang

Ratusan Juta Nomor WhatsApp Bocor dan Dijual Secara Bebas

30 November 2022 - 18:30 WIB

ratusan juta data nomor whatsapp bocor

Xiaomi Watch S2 Akan Hadir Dengan Dua Ukuran

30 November 2022 - 18:18 WIB

xiaomi watch s2 segera hadir dengan dua pilihan ukuran

Samsung Galaxy S23 Series Akan Dibekali Konektivitas Satelit

29 November 2022 - 14:43 WIB

Samsung Hadirkan konektivitas satelit untuk Samsung Galaxy S23 Series

Philips Hadirkan Monitor Profesional Terbarunya – 27B1U7903

29 November 2022 - 14:42 WIB

philips 27b1u7903 monitor profesional terbaru
Trending di Koran