Menu

Mode Gelap

Koran · 30 Okt 2022 WIB

TV Digital Adalah Gratis


TV Digital Adalah Gratis Perbesar

OAtekno.com – Masih banyak yang belum memahami apa itu tv digital, apa pengaruhnya terhadap televisi yang selama ini jadi sumber informasi utama mayoritas masyarakat Indonesia, dan apakah ini gratis atau berbayar?

Untuk lebih paham dan tidak khawatir lagi akan transisi dari analog ke digital, mari kita lihat definisi dari kominfo mengenai apa itu tv digital :

“Siaran televisi digital menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi akan menghadirkan kualitas gambar yang lebih bersih, suara yang lebih jernih dan canggih teknologinya bagi masyarakat Indonesia.”

Siaran televisi analog yang telah mengudara selama hampir 60 tahun di Indonesia akan digantikan oleh siaran televisi digital selambat-lambatnya pada 2 November 2022, dan dalam masa peralihan ke siaran televisi digital masyarakat tetap bisa untuk menonton siaran televisi analog namun sangat dianjurkan untuk mulai merubah tangkapan sinyal antena di rumah dari siaran analog ke digital.

Singkatnya, siaran tv lama yang hanya mengandalkan antena,  nantinya butuh sebuah alat untuk mengubah sinyal analog televisi menjadi digital yang disebut set top box, merknya bisa bermacam-macam, asalkan menggunakan teknologi DVB-T2.

Sebenarnya banyak televisi keluaran terbaru yang sudah menanamkan DVB-T2 ini di dalam TV nya, sehingga kita cukup pasang antena ke TV seperti biasa. Namun jika menggunakan TV lama yang belum digital, bisa menambahkan set top box DVB-T2 terpisah dari televisi yang harganya bervariasi mulai dari sekitar Rp150 ribuan, bisa didapatkan di marketplace secara online.

Ada beberapa hal penting yang sering ditanyakan ke OAtekno terkait TV digital yang kami rangkum di sini :

  • TV Digital tidak butuh berlangganan maupun koneksi internet alias GRATIS, yang butuh itu TV box yang biasanya menggunakan sistem operasi berbasis Android.
  • TV Digital tetap butuh antena UHF.
  • Ada TV yang sudah punya fitur “DIGITAL”, ini berarti tidak butuh set top box tambahan untuk menikmati siaran digital, sedangkan TV lama butuh set top box tambahan.
  • Set top box DVB-T2 yang ada di pasaran saat ini berbagai macam, ada yang hanya untuk menambahkan fungsi “DIGITAL” dan ada yang punya fungsi tambahan untuk bisa menayangkan youtube dll.

 

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Aplikasi Oceanic+ Ubah Apple Watch Jadi Komputer Selam

1 Desember 2022 - 16:14 WIB

aplikasi oceanic+ dapat mengubah apple watch menjadi komputer selam

Samsung Galaxy S23 Unpacked Dijadwalkan Awal Februari 2023

1 Desember 2022 - 16:10 WIB

Samsung Galaxy S23 unpacked akan hadir pada Februari 2023 mendatang

Ratusan Juta Nomor WhatsApp Bocor dan Dijual Secara Bebas

30 November 2022 - 18:30 WIB

ratusan juta data nomor whatsapp bocor

Xiaomi Watch S2 Akan Hadir Dengan Dua Ukuran

30 November 2022 - 18:18 WIB

xiaomi watch s2 segera hadir dengan dua pilihan ukuran

Samsung Galaxy S23 Series Akan Dibekali Konektivitas Satelit

29 November 2022 - 14:43 WIB

Samsung Hadirkan konektivitas satelit untuk Samsung Galaxy S23 Series

Philips Hadirkan Monitor Profesional Terbarunya – 27B1U7903

29 November 2022 - 14:42 WIB

philips 27b1u7903 monitor profesional terbaru
Trending di Koran