Samsung Galaxy S11 akan menggunakan Chipset SD865

oatekno.com – Divisi Exynos Samsung mungkin kehilangan pelanggan terbesarnya, yaitu Divisi Samsung Mobile mereka sendiri. Korean publication The Elec melaporkan flagship mereka selanjutnya, yaitu Samsung Galaxy S11 akan dibekali dengan Chipset Snapdragon 865 di berbagai region, kecuali satu region.

Biasanya, USA, China, dan Jepang akan mendapatkan chipset Snapdragon karena dukungan yang lebih baik terhadap 4G di sana, Namun, tahun depan semua wilayah kecuali Eropa akan beralih ke Snapdragon, termasuk negara asal Samsung, yaitu Korea Selatan (walaupun pasarnya tidak besar.)

galaxy S11

Pada chipset Snapdragon 865 ini Samsung menggunakan core Cortex-A77 terbaru, memiliki 15 TOPS kinerja AI dan ISP dapat menampung kamera dengan resolusi 200MP.
Exynos 990 untuk perbandingan menggunakan core A76 yang lebih lama, NPU-nya dapat melakukan 10 TOPS dan IPS naik ke kamera 108MP.

Samsung S8, S8+, Note 8 tidak akan mendapat upgrade ke Android 10

Angka megapiksel itu mungkin terdengar seperti angka yang sangat tinggi ditahun 2019, tetapi Galaxy S11 akan keluar dengan kamera 108MP, yang memaksimalkan Exynos ( dan kalian harus mempertimbangkan fitur frame-stacking seperti HDR+ ). Dan memang tiap harinya kerja NPU semakin berat berbanding lurus dengan fitur software yang semakin canggih.

Samsung baru-baru ini juga mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan chipset MediaTek 5G di beberapa model kelas bawahnya, yang merupakan pukulan lain terhadap divisi internal Exynos, jika memang kabar ini terbukti benar.

Sumber