YouTube Kids Indonesia – Solusi Yang Terlupakan

OAtekno.com – Punya anak kecil dan belum pernah coba YouTube Kids?

yt kids indonesia

Di masa pandemi ini, anak-anak hampir mustahil dipisahkan dari internet. Awalnya karena kebutuhan belajar jarak jauh, tapi pada akhirnya banyak yang jadi kecanduan game dan YouTube. Banyak konten menarik yang positif untuk anak di YouTube, tapi yang sebaliknya juga tidak sedikit. Dan tontonan positif pun, kalau berlebihan tentu efeknya menjadi tidak baik, dan ini sangat sering terjadi. Di sinilah fungsi dari YouTube Kids. Ini adalah aplikasi terpisah, berbeda dengan YouTube biasa, aplikasi ini memang ditujukan untuk anak-anak. Kalau menggunakan YouTube biasa sulit sekali mengawasi apa yang ditonton anak-anak. Biasanya, saat dipaksa berhenti mereka akan mengamuk. Untuk itu, di YouTube Kids ada filter sehingga hampir semua yang dapat ditonton adalah video yang aman untuk anak-anak. Selain itu juga terdapat fitur timer dengan password sehingga orang tua dapat membatasi waktu jam menonton. YouTube Kids akan berhenti otomatis saat waktunya habis, sehingga ini dapat digunakan untuk melatih disiplin anak.

Akan tetapi, walaupun fitur-fitur yang ada di aplikasi khusus anak ini memang didesain sedemikian rupa agar aman, bimbingan orang dewasa tetap dibutuhkan, karena bisa saja ada satu atau dua video dewasa yang lolos masuk ke YouTube Kids, karena besarnya jumlah video per detik yang diupload ke YouTube, dan inipun tertulis di EULA saat pertama kali memulai aplikasi YouTube Kids. Di luar negeri aplikasi ini sudah lama aktif, tapi di Indonesia baru beberapa tahun terakhir dan tampaknya belum banyak dimanfaatkan para orang tua, jadi jika anda memiliki anak yang gemar sekali menonton YouTube, mulai sekarang beralihlah, tapi jangan lupa tetap dijaga.

Aplikasi ini pernah dibahas di OAtekno Official YouTube channel pada waktu baru saja diluncurkan di Indonesia yang videonya bisa dilihat di link ini.