Menu

Mode Gelap

Koran · 19 Nov 2023 WIB

AMD Lirik Chip Dengan Proses 4nm Milik Samsung Untuk Produksi Chipset Zen 5C


AMD Lirik Chip Dengan Proses 4nm Milik Samsung Untuk Produksi Chipset Zen 5C Perbesar

OAtekno.com – Samsung Foundry, divisi manufaktur chip semikonduktor dari Samsung Electronics, kini membuat kehadiran kembali di pasar foundry chip. Setelah kehilangan beberapa klien kunci, termasuk Apple, Nvidia, dan Qualcomm, kepada rival TSMC, Samsung kini berada dalam posisi untuk mendapatkan kembali sebagian dari pangsa pasar yang hilang.

Perubahan ini bersangkutan dengan peningkatan signifikan Samsung dalam teknologi fabrikasi chip 4nm-nya. Ada laporan bahwa Samsung berhasil menyamai hasil dan kinerja chip 4nm dari TSMC.

Samsung dapat memproduksi chip AMD Zen 5c

Kemajuan ini menarik perhatian AMD, yang kabarnya telah memutuskan untuk menggunakan proses 4nm dari Samsung Foundry untuk prosesor generasi berikutnya, Zen 5c. Model-model entry-level dalam lini Zen 5c akan mereka buat menggunakan proses 4nm milik Samsung, sementara model-model yang lebih tinggi akan menggunakan proses 3nm dari TSMC.

Baca juga: Samsung Galaxy Fit3 Bakal Memiliki 3 Varian Warna dan Layar Lebih Besar!

Lebih lanjut, produksi sukses chip AMD Zen 5c oleh Samsung berpotensi membuka peluang bagi AMD untuk mempertimbangkan proses GAA 3nm baru dari Samsung Foundry untuk usaha masa depan.

Kim Yang-paeng, seorang peneliti di Institut Ekonomi dan Perdagangan Industri Korea, percaya bahwa “jika Samsung berhasil mengamankan pesanan untuk chip 4-nano dari AMD kali ini, itu akan membuka jalan untuk transaksi di bidang ‘big chip’ untuk server, di mana Samsung tradisionalnya kurang dominan. Di masa depan, proses canggih seperti 3-nano bisa menjadi kenyataan bagi Samsung, yang akan lebih memperluas pengaruhnya dalam industri ini.”

Kemampuan fabrikasi chip yang ditingkatkan oleh Samsung juga menarik perhatian dari perusahaan lain, terutama di segmen Generative AI. Dengan kapasitas produksi chip TSMC yang terbebani karena lonjakan permintaan untuk chip yang terkait dengan kecerdasan buatan (AI), perusahaan-perusahaan beralih ke Samsung Foundry sebagai alternatif, mengingat bahwa kedua perusahaan ini merupakan satu-satunya yang mampu memproduksi chip 3nm dan 5nm di dunia.

Via

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Fitur Penerjemah Milik Samsung Akan Terintegrasi dengan WhatsApp

14 Juli 2024 - 14:52 WIB

whatsapp live translate

Free Fire Kolaborasi dengan Naruto Shippuden!

14 Juli 2024 - 14:38 WIB

free fire naruto shippuden

Harga Game Pass Naik Mulai 12 September!

14 Juli 2024 - 14:26 WIB

YouTube Rilis Fitur Baru Mirip TikTok

13 Juli 2024 - 15:28 WIB

YouTube Rilis Fitur Baru Mirip TikTok

WhatsApp Bakal Tambahkan Fitur Transkripsi Pesan Suara di Android

13 Juli 2024 - 15:21 WIB

Transfer Foto Dari Google Photos ke iCloud Bakal Makin Cepat!

13 Juli 2024 - 15:15 WIB

Transfer Foto Dari Google Photos ke iCloud Bakal Makin Cepat
Trending di Koran