Menu

Mode Gelap

Koran · 19 Nov 2023 WIB

Aplikasi Nothing Chats Ditarik Dari Google Play Store


Aplikasi Nothing Chats Ditarik Dari Google Play Store Perbesar

OAtekno.com – Aplikasi Nothing Chats, sebuah alternatif iMessage yang meluncur pada awal minggu ini, sudah tidak tersedia di Google Play Store. Perusahaan di balik aplikasi ini, Nothing, awalnya mengatributkan penghapusan tersebut kepada “beberapa bug” yang perlu mereka perbaiki.

Namun, sebuah analisis mengatakan bahwa penghapusan aplikasi tersebut kemungkinan besar karena kekhawatiran keamanan yang signifikan.

Nothing Chats tidak lagi tersedia di Google Play Store

Kishan Bagaria, Pendiri Texts.com, awalnya mengangkat kekhawatiran ini di X/Twitter. Kemudian, tim Texts.com juga menerbitkan blog yang mendetail mengenai kerentanan aplikasi tersebut.

Penelitian mereka mengungkap bahwa Sunbird, penyedia layanan Nothing, telah menyesatkan pengguna tentang enkripsi end-to-end dari pesan yang lewat melalui server mereka. Meskipun pesan yang terkirim ke server Sunbird terenkripsi, hasil JSON Web Tokens (JWT) layanan tersebut terkirim tanpa enkripsi apa pun ke server Sunbird lainnya, membuatnya rentan terhadap intersepsi.

Selain itu, pesan-pesan tersebut ter-decrypt dan tersimpan di server Sunbird, meninggalkannya rentan terhadap akses yang tidak sah.

Baca juga: Nothing OS 2.0.4 Telah Hadir Untuk Phone (2)!

Texts.com memperlihatkan hal ini dengan melakukan intersepsi terhadap JWT yang saling tertukar antar dua perangkat, mendapatkan akses ke basis data real-time Firebase. Peneliti kemudian dapat mengintersep token JWT dan mengakses informasi pengguna serta percakapan hanya dengan 23 baris kode.

Meskipun masalah privasi ini secara langsung terkait dengan Sunbird, Nothing mendapat kritik karena memilih untuk bekerja dengan perusahaan tersebut dan meremehkan tingkat keparahan situasi dengan menyebutnya sebagai “bug”.

Dengan pengumuman terbaru dari Apple mengenai dukungan RCS, daya tarik aplikasi Nothing Chats semakin berkurang. Pengguna sebaiknya berhati-hati saat masuk ke layanan pihak ketiga menggunakan ID Apple mereka, bahkan jika enkripsi dijanjikan.

Masih belum jelas apakah Nothing Chats akan dapat mengatasi kekhawatiran keamanan ini dan berhasil kembali ke Play Store.

Src

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Samsung Rilis Galaxy Z Flip 6 Bertema Doraemon Limited Edition

16 Juli 2024 - 14:19 WIB

Samsung Rilis Galaxy Z Flip 6 Bertema Doraemon Limited Edition

Google Hentikan Dukungan Play Services untuk Android Lollipop

16 Juli 2024 - 14:09 WIB

5 Fitur Baru Google Maps Berbasis AI

16 Juli 2024 - 13:44 WIB

fitur baru google maps

Fitur Baru Google Maps di iPhone! Bantu Hindari Tilangan Polisi

15 Juli 2024 - 15:27 WIB

Fitur Baru Google Maps di iPhone! Bantu Hindari Tilangan Polisi

AmorePacific, Brand Kosmetik Asal Korea Selatan Luncurkan Lab Kecantikan Bertenaga AI

15 Juli 2024 - 15:15 WIB

AmorePacific, Brand Kosmetik Asal Korea Selatan Luncurkan Lab Kecantikan Bertenaga AI

Apple Update Tampilan Aplikasi Senter di iOS 18

15 Juli 2024 - 15:00 WIB

Trending di Koran