Menu

Mode Gelap

Koran · 10 Mar 2020 WIB

Antutu Didepak Google Karena Investor


Antutu Didepak Google Karena Investor Perbesar

OAtekno.com – Antutu, aplikasi benchmark paling terkenal di sistem operasi Android, secara mendadak hilang dari Google Playstore.

antutu

Awalnya, hal ini disangka ketidaksengajaan / error, tapi ternyata, memang hal ini dilakukan dengan sadar oleh Google karena alasan yang kuat. Antutu Benchmark mempunyai ikatan dengan developer Cheetah Mobile. Anda mungkin masih ingat atau mungkin masih ada yang menggunakan aplikasi Clean Master? Clean Master adalah salah satu produk dari developer Cheetah Mobile, dan aplikasi yang sangat populer beberapa tahun lalu ini terbukti melakukan beberapa pelanggaran berat yaitu :

  • Pada bulan Juli 2014, dalam proses pembersihan yang dilakukan Clean Master, aplikasi tersebut menyarankan agar pengguna meng-uninstall Google Chrome dan mengganti dengan browser buatan dari Cheetah Mobile, hal ini tentunya merugikan Google dan cara promosi tersebut dianggap tidak etis
  • Desember 2018, Cheetah Mobile dituduh melakukan kecurangan yang mengakibatkan Google menghapus dua aplikasi buatannya dari PlayStore, tuduhannya adalah “for violating our disruptive ads policy and disallowed interstitial policy” walaupun Cheetah Mobile kemudian menyangkal tuduhan tersebut.

Memang kami pun di OAtekno dahulu sempat menggunakan Clean Master, namun lama kelamaan merasakan keanehan pada aplikasi tersebut, yang tampaknya membawa spam iklan dan akhirnya memutuskan untuk menghapusnya. Namun, seperti halnya banyak orang, mungkin tidak ada yang menyangka bahwa aplikasi sebesar Antutu Benchmark ternyata punya keterkaitan dengan Cheetah Mobile yang memang masih sulit dilepaskan dari catatan buruk Clean Master.

SANGKALAN

Dalam upaya untuk pemulihan reputasi dan agar dapat kembali hadir di Google Playstore, akhirnya CEO Antutu angkat bicara, yang intinya dia mengatakan bahwa “Ini adalah kesalahpahaman. Antutu lahir pada tahun 2011, bahkan sebelum hadirnya Cheetah Mobile. Memang pada tahun 2014, Cheetah Mobile menjadi salah satu investor dari Antutu, tapi Cheetah Mobile tidak memiliki saham 100%, mereka tidak berurusan dengan akun Google Playstore kami, dan kami tidak pernah berurusan dengan promosi software Cheetah Mobile yang lainnya”.

Rekomendasi Smartphone Rp 4-6 Juta (Maret 2020)

Kita lihat saja apakah permasalahan ini akan berujung dengan kembali hadirnya Antutu Benchmark ke Playstore, atau sebaliknya. Namun yang pasti, sebagai sebuah software benchmark, reputasi adalah yang utama, dan kasus ini tentunya mencoreng nama Antutu. OAtekno dalam melakukan pengujian yang ditayangkan di YouTube pun selama ini salah satunya menggunakan Antutu Benchmark, namun jika hal ini tidak bisa diselesaikan dengan cepat, tentunya kami akan menggunakan aplikasi benchmark yang lebih dapat dipercaya.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Pengguna iPhone Keluhkan Upgrade iOS 17.5 ada bug yang Tampilkan Foto Lama yang Sudah Dihapus dari Galeri

18 Mei 2024 - 14:10 WIB

pengguna iphone keluhkan foto lamanya kembali muncul di iOS 17.5

TECNO CAMON 30 Series Akan Segera Hadir di Indonesia, Ini Detail Spesifikasinya

18 Mei 2024 - 13:47 WIB

tecno camon 30 series akan meluncur ke indonesia

Harga serta Spesifikasi OPPO A60, Gadget Terjangkau yang Tahan Banting

18 Mei 2024 - 12:50 WIB

OPPO A60 harga dan spesifikasi

Melawan Hoaks Pemilu, Threads Hadirkan Fitur Periksa Fakta

17 Mei 2024 - 14:01 WIB

threads fitur pemeriksa fakta

realme C51s: Pilihan Smartphone Stylish dengan Kamera Canggih

17 Mei 2024 - 13:45 WIB

realme C51s

Oppo A60 Siap Mendarat di Indonesia, Hadir Dengan Rangka Yang Kuat di Harga Ekonomis

17 Mei 2024 - 13:23 WIB

OPPO A60
Trending di Koran