Menu

Mode Gelap

Tips · 18 Des 2022 WIB

Cara Download Foto Instagram Dengan Source Code


Cara Download Foto Instagram Dengan Source Code Perbesar

OAtekno.com – Download foto dari Instagram ke komputer atau smartphone tidak semudah yang kalian bayangkan. Untuk mendownload gambar Instagram, kalian tidak bisa hanya mengklik kanan lalu menyimpannya seperti melakukan cara biasa pada banyak situs web, bahkan jika membuka Instagram lewat browser.

Instagram tak hanya menawarkan fitur atau alat untuk mendownload foto yang ada di platform-nya untuk mencegah orang menyalahgunakan foto orang lain. Namun di sisi lain, kita sebagai pengguna mungkin ada kalanya membutuhkan foto milik diri sendiri yang pernah diunggah.

Untuk itu, berikut ini cara mendownload foto Instagram ke PC, Mac, atau smartphone dengan cara yang berbeda.

Request Riwayat Akun pada Instagram

Tidak ada metode asli untuk mendownload foto Instagram dari akun kalian satu per satu. Instagram hanya memiliki opsi download seluruh riwayat akun untuk satu paket besar.

Itu termasuk untuk semua foto dan video yang kalian upload sebagai postingan feed atau Stories serta banyak hal lain yang mungkin tidak kalian inginkan, seperti detail komentar dan likes.

Yang harus kalian lakukan pertama kali adalah buka akun Instagram kalian di browser lalu klik ikon ‘Pengaturan’ pada sebelah kanan yang ada tulisan ‘Edit Profil’. Pilih ‘Privasi dan Keamanan’ pada daftar opsi.

Pada halaman Privasi Akun, scroll ke bawah sampai kalian menemukan menu “Data Download” lalu klik “Request Download”. Masukkan alamat email dan kata sandi karena Instagram akan mengirimkan paket download dalam bentuk tautan ke email kalian.

Platform tersebut mengatakan, ini bisa memakan waktu hingga 48 jam. Tetapi, email cenderung masuk dalam satu atau dua jam. Tautan hanya berlaku selama empat hari saja, jadi pantau terus atau kalian harus memulai dari awal lagi.

Setelah email diterima, pilih ‘Download Data’. Kalian akan dibawa ke situs Instagram untuk masuk dan mulai mengunduh. Paket datang dalam bentuk file zip yang berisi setiap unggahan yang pernah kalian buat serta detail setiap pesan dan semua yang kalian cari, sukai, atau komentari.

Bergantung pada berapa lama kalian memiliki akun Instagram dan seberapa banyak kalian menggunakannya, ini bisa berarti banyak sekali data, jadi ekstrak file ke folder baru untuk meyimpan banyak subfolder dan file di satu tempat.

Kalian juga dapat meminta paket download yang cukup besar ini melalui aplikasi Android. Buka profil kalian, pilih ikon menu pada bagian sudut kanan atas dan pilih Pengaturan > Keamanan > Download Data. Masukkan email dan kata sandi kalian, lalu pilih ‘Request Download’.

Cara Download Foto Instagram Dengan Source Code

Jika kalian tidak ingin repot menyimpan seluruh riwayat Instagram hanya untuk menemukan beberapa foto tertentu yang ingin kalian download, atau memerlukan gambar dari Instagram orang lain setelah mendapat izin untuk menggunakannya, kalian dapat mengunduh foto Instagram tersebut dengan beralih ke source code.

Tapi, ini tergantung browser yang kalian gunakan. Untuk Internet Explorer, kalian dapat mengklik foto yang ingin kalian download untuk melihat gambar selengkapnya, lalu klik kanan pada gambar dan pilih ‘View Source’.

Telusuri kode dan temukan informasi properti meta (tekan CTRL+F atau Command+F dan cari ‘properti meta’). Kemudian, salin URL yang muncul dengan koma terbalik ganda pada baris awal: ‘

Artikel ini telah dibaca 211 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Cara Melacak Pergerakan Bus TransJakarta via Google Maps untuk Mengetahui Lokasinya

18 Mei 2024 - 14:27 WIB

Cara Cek Battery Health HP Vivo

17 Mei 2024 - 15:10 WIB

cara cek battery health hp vivo

Beberapa tips Isi Daya Ponsel dengan Aman, Agar Baterai Tetap Awet

16 Mei 2024 - 14:23 WIB

Cara Aktifkan Passkey WhatsApp Untuk Keamanan Akun

15 Mei 2024 - 14:42 WIB

cara aktifkan fitur passkey whatsapp

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme!

14 Mei 2024 - 15:24 WIB

cara sembunyikan aplikasi di hp realme

Simak! Langkah-Langkah Ganti Font Bio Instagram Agar Tampilan Lebih Menarik!

13 Mei 2024 - 15:03 WIB

tutorial ganti font bio instagram
Trending di Tips