Menu

Mode Gelap

Koran ยท 12 Jul 2022 WIB

Kelebihan dan Kekurangan Layar AMOLED


Kelebihan dan Kekurangan Layar AMOLED Perbesar

Layar AMOLED

OAtekno.com – Pada smartphone kelas atas, layar perangkat terbuat dari panel AMOLED. Untuk diketahui, AMOLED adalah singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode.

AMOLED merupakan teknologi OLED yang dikembangkan oleh Samsung. Jadi jika ada hp yang menggunakan panel layar bernama AMOLED, bisa jadi hp tersebut menggunakan panel layar OLED buatan Samsung. Layar jenis ini sudah banyak digunakan di smartphone, tablet, kamera digital, hingga smarwatch. Layar OLED punya banyak kelebihan dibanding layar LCD biasa.

Pengertian Layar AMOLED

AMOLED adalah salah satu jenis layar yang banyak digunakan di hp kelas menengah atas. AMOLED adalah teknologi layar OLED yang dikembangkan oleh Samsung. Saat ini ada dua produsen panel layar OLED terbesar di dunia yaitu Samsung dan LG. AMOLED merupakan hasil pengembangan dari teknologi layar TFT atau Thin Film Transistor. AMOLED menggabungkan teknologi OLED dan Active Matrix dari TFT LCD konvensional.

pengertian layar AMOLED

Layar OLED terdiri dari jutaan Light Emitting Diode (LED) yang dapat menghasilkan warna dan cahaya sendiri untuk menggambarkan sesuatu. Cara kerja layar OLED berbeda dari LCD yang membutuhkan lampu latar agar bisa memberikan pencahayaan pada layar hp kamu. Karena terdiri dari banyak lampu LED, layar OLED dapat hasilkan warna yang lebih baik dibanding LCD.

Khusus untuk hp dan perangkat berlayar sentuh lainnya, panel layar OLED dibekali sensor sentuh pada sel organik di LED.

Kelebihan Layar AMOLED

AMOLED adalah jenis layar yang banyak digunakan di hp kelas menengah atas. Rata-rata hp flagship juga memakai layar ini. Ada beberapa alasan kenapa smartphone dengan layar OLED lebih baik dibanding smartphone dengan layar LCD. Berikut ini beberapa kelebihan layar AMOLED.

1. Konsumsi Daya Lebih Rendah

Yang pertama, kelebihan AMOLED adalah konsumsi dayanya lebih rendah. Panel layar AMOLED atau OLED tidak membutuhkan backlight untuk menampilkan warna atau gambar. Metode backlighting pada LED dan LCD dapat menguras baterai dengan cepat. Konsumsi daya layar OLED 40% lebih rendah dibanding layar LCD.

Selain itu, layar jenis OLED juga hemat baterai karena warna gelapnya lebih dominan. Saat menampilkan warna hitam, pixel OLED akan dimatikan sehingga tidak menguras daya baterai pada smartphone.

2. Warna Lebih Baik

Kualitas warna adalah yang paling utama dari sebuah layar. Layar AMOLED atau OLED punya rasio kontras yang tinggi. Layar jenis ini dapat menampilkan warna yang lebih cerah. Selain itu, untuk warna gelap juga lebih pekat.

Alasannya karena saat menampilkan warna hitam, piksel akan dimatikan sehingga kamu dapat melihat warna hitam yang benar-benar hitam. Perbedaan warna hitam ini akan terlihat jelas saat disandingkan dengan layar LCD.

Kontras layar OLED juga lebih tinggi. Kontrasnya dihasilkan dari pixel yang berasal dari bahan organik yang bisa menghasilkan cahaya dan menghasilkan warna sendiri. Kepekatan warna, kualitas kecerahan, dan kontrasnya sulit disaingi oleh teknologi layar saat ini.

3. Dimensi Layar Lebih Tipis

Layar dari jenis OLED lebih tipis dibanding LCD. Oleh karena itu, layar jenis ini cocok dipasang di smartphone yang tipis. Tebal layar OLED jenis kaca hanya 1 mm, sedangkan untuk jenis layar OLED plastik (POLED) tebalnya di bawah 0.5 mm. Layar OLED jenis plastik lebih fleksibel dibanding kaca. Saat ini ada beberapa produsen hp yang sudah meluncurkan hp dengan layar OLED plastik, contohnya Samsung dengan produknya Samsung Galaxy Fold.

pengertian layar AMOLED

Kekurangan Layar AMOLED

Meskipun kualitas layarnya lebih bagus dibanding LCD. Namun, nyatanya layar OLED punya kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan dari layar AMOLED.

1. Harga Relatif Mahal

Kekurangan utama dari layar AMOLED adalah harganya lebih mahal dibanding LCD. Pembuatan layar yang rumit dan teknologi yang tergolong masih baru membuat harganya mahal.

Harga komponen OLED juga lebih mahal daripada komponen layar lainnya. Oleh karena itu, kebanyakan hp dengan layar OLED harganya cukup mahal. Untuk hp yang harganya murah, kebanyakan masih menggunakan layar LCD atau TFT alasannya karena untuk menekan harga jual produk.

2. Tidak Banyak Pilihan

Untuk mendapatkan hp dengan layar AMOLED, kamu harus merogoh kocek lebih dalam. Oleh karena itu, gak banyak hp dengan layar jenis ini tersedia di pasaran. Kebanyakan hp OLED dijual di atas Rp 4 jutaan. Namun beberapa vendor yang mampu memproduksi layar OLED sendiri seperti Samsung dan LG bisa menjual hp berlayar OLED lebih murah.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Aplikasi Oceanic+ Ubah Apple Watch Jadi Komputer Selam

1 Desember 2022 - 16:14 WIB

aplikasi oceanic+ dapat mengubah apple watch menjadi komputer selam

Samsung Galaxy S23 Unpacked Dijadwalkan Awal Februari 2023

1 Desember 2022 - 16:10 WIB

Samsung Galaxy S23 unpacked akan hadir pada Februari 2023 mendatang

Ratusan Juta Nomor WhatsApp Bocor dan Dijual Secara Bebas

30 November 2022 - 18:30 WIB

ratusan juta data nomor whatsapp bocor

Xiaomi Watch S2 Akan Hadir Dengan Dua Ukuran

30 November 2022 - 18:18 WIB

xiaomi watch s2 segera hadir dengan dua pilihan ukuran

Samsung Galaxy S23 Series Akan Dibekali Konektivitas Satelit

29 November 2022 - 14:43 WIB

Samsung Hadirkan konektivitas satelit untuk Samsung Galaxy S23 Series

Philips Hadirkan Monitor Profesional Terbarunya – 27B1U7903

29 November 2022 - 14:42 WIB

philips 27b1u7903 monitor profesional terbaru
Trending di Koran