Microsoft mengumumkan Xbox series X akan segera rilis

oatekno.com – Microsoft mengumumkan konsol game generasi berikutnya, Xbox seri X. Sebelumnya dikenal sebagai Project Scarlet, Xbox seri X adalah konsol utama keempat yang dirilis Microsoft dan akan tersedia untuk pembelian tahun depan di Holiday 2020.

Xbox Series X

Desain

Xbox Series X adalah penerus dari konsol Xbox One dan Xbox One X dan akhirnya memberi kita pandangan pada desain akhir dari hardware-nya. Seri X memiliki desain vertikal, monolitik yang menghindari the AV rack friendly form-factors dari generasi sebelumnya. Microsoft mengatakan Seri X dapat ditempatkan secara horizontal juga.

Pada bagian depan, Xbox Seri X memiliki vertical disc slot dengan tombol eject di sebelahnya. Ditemukan juga port USB-A tunggal bersama dengan tombol yang tidak dikenal di sebelahnya.Logo Xbox yang bersinar ada di sudut kiri atas dan kemungkinan juga bertindak sebagai tombol power.

Pada bagian atas perangkat tampak seperti ventilasi grille dengan green lighting. Dari tampilannya, solusi termal dan pendinginan mirip dengan Apple Mac Pro 2013, di mana udara dingin ditarik masuk dari bawah dan mengeluarkan gril di atas.

Xbox Series X

Pada bagian belakang konsol ini tampaknya sengaja tidak diberi penjelasan lebih sehingga kita mengasumsikan mungkin ada beberapa kejutan disana bahwa Microsoft ingin bertahan untuk memberitahukannya pada rilis final nanti.

Controller

Sekarang kita bahas controller yang akan menjadi pelengkap Xbox seri X ini, Seri X hadir dengan pengontrol baru yang terlihat seperti pengontrol One X pada pandangan pertama. Namun, pengontrol telah dirancang ulang agar lebih inklusif dan sekarang berfungsi dengan baik dengan rentang tangan yang lebih luas. Pengontrol baru ini juga dilengkapi D-pad dari Controller Nirkabel Xbox Elite Series 2 dan juga menambahkan tombol DualShock 4-style Share button untuk berbagi screenshot dan klip dengan cepat dan mudah. Controller baru ini juga akan kompatibel dengan konsol Windows 10 dan Xbox One X.

Xbox Series X

Spesifikasi

Balik lagi ke konsol game-nya, Xbox Series X yang baru menghadirkan CPU dan GPU generasi baru dari AMD. CPU didasarkan pada arsitektur Zen 2 baru yang ditemukan dalam seri CPU desktop Ryzen 3000 yang diakui secara kritis,
sedangkan GPU didasarkan pada arsitektur RDNA yang ditemukan dalam seri GPU desktop Radeon RX 5000 yang baru. Konsol baru ini juga akan menampilkan penyimpanan flash terintegrasi untuk waktu pemuatan yang jauh lebih cepat.

Microsoft memiliki beberapa klaim berani untuk jenis kinerja yang dapat kita harapkan dari konsol baru tersebut. Xbox Series X diklaim memiliki 4x kinerja raja kinerja konsol saat ini, Xbox One X. Ini berarti Xbox Series X dapat melakukan hal-hal seperti 4K pada 60fps konsisten atau bahkan 120fps dalam beberapa kasus. Konsol juga akan dapat diproduksi dalam 8K, meskipun kemungkinan rendering aktual akan tetap terbatas pada 4K.

Lebih penting daripada resolusi, Xbox Series X juga mengemas beberapa fitur lain yang lebih relevan. Variable Refresh Rate atau VRR (juga ditemukan di Xbox One X) akan memastikan kecepatan refresh tampilan Anda cocok dengan frame rate output Anda pada monitor dan TV yang kompatibel, sehingga Anda mendapatkan pengalaman bermain game yang bebas air mata dan bebas gangguan secara konsisten.

JBL siap warnai pestamu dengan JBL PartyBox Series

Seri X juga memanfaatkan Mode Latensi Rendah Otomatis atau ALLM di HDMI 2.1 sehingga layar yang terhubung akan secara otomatis beralih ke mode latensi terendah (sering disebut Mode permainan) ketika konsol dicolokkan.Fitur baru yang disebut Dynamic Latency Input juga telah telah ditambahkan untuk pengembang untuk mengambil keuntungan dari dan mengurangi latensi input dalam game mereka.

Graphic tester

Microsoft memamerkan beberapa kemampuan grafis Seri X dalam trailer baru untuk Senua’s Saga: Hellblade II, sekuel Hellblade yang sangat baik: Senua’s Sacrifice. Cuplikan menunjukkan cuplikan dalam-mesin yang diberikan pada Xbox Series X pada 4K. Video ini menampilkan tekstur, pencahayaan, detail material, efek partikel dan animasi yang luar biasa.

Terlepas dari game-game baru, Microsoft juga menjanjikan kompatibilitas dengan ketiga game Xbox generasi sebelumnya. Ini artinya Anda tidak perlu meninggalkan game lama dan lama saat Anda meningkatkan versi ke konsol baru. Konsol ini juga dilengkapi dukungan untuk gaming cloud.

Kami akan mencari tahu semua detail lainnya mengenai konsol dan judul peluncuran yang lebih dekat untuk diluncurkan, mungkin pada E3 2020. Sekarang semua mata tertuju pada Sony dan pengumuman PlayStation generasi berikutnya.

Sumber