Menu

Mode Gelap

Majalah · 27 Des 2022 WIB

Perbedaan Antara LTE dan VoLTE


Perbedaan Antara LTE dan VoLTE Perbesar

OAtekno.comLTE (Long-Term Evolution) dan VoLTE (Voice over Long-Term Evolution) adalah teknologi yang digunakan dalam jaringan seluler untuk menyediakan koneksi data dan suara. Meskipun keduanya memiliki beberapa kesamaan, ada beberapa perbedaan penting antara LTE dan VoLTE.

Apa itu LTE dan VoLTE?

LTE merupakan standar untuk jaringan data nirkabel yang menawarkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi dari jaringan sebelumnya, seperti 3G. Sementara itu, VoLTE adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan suara melalui jaringan data LTE, dengan menggunakan kodeks suara yang terkompresi. Ini berarti bahwa VoLTE menawarkan kualitas suara yang lebih tinggi dari panggilan suara melalui jaringan seluler tradisional (seperti 2G atau 3G).

VoLTE tetap bisa internetan dengan lancar saat di telpon biasa

LTE hanya menyediakan koneksi data, sedangkan VoLTE menyediakan koneksi data dan suara. Ketika menggunakan VoLTE, pengguna dapat melakukan panggilan suara dan menggunakan aplikasi data sekaligus, tanpa harus beralih lebih dulu.

Baca Juga: Resmi Dibuka PREORDER Asus ROG Phone 6 Edisi Batman

Kecepatan Transfer Data

Kecepatan transfer data di LTE lebih tinggi dari VoLTE. Hal ini karena VoLTE menggunakan bandwidth yang lebih kecil untuk mengirimkan suara, sehingga tidak sepenuhnya mengoptimalkan kecepatan transfer data. Namun, perbedaan kecepatan ini biasanya tidak terlalu terlihat oleh pengguna, karena kecepatan VoLTE sudah cukup cepat untuk kebutuhan sehari-hari.

VoLTE hanya mendukung beberapa perangkat saja

Tidak semua perangkat dan jaringan mendukung VoLTE. Perangkat yang tidak mendukung VoLTE masih dapat menggunakan jaringan LTE untuk mengakses data, tetapi tidak dapat melakukan panggilan suara melalui jaringan tersebut. Sementara itu, perangkat yang mendukung VoLTE dapat menggunakan jaringan LTE untuk mengakses data dan melakukan panggilan suara.

Dengan demikian, perbedaan utama antara LTE dan VoLTE adalah bahwa LTE hanya menyediakan koneksi data, sementara VoLTE menyediakan koneksi data dan suara. VoLTE juga menawarkan suara yang lebih baik daripada LTE.

Artikel ini telah dibaca 262 kali

badge-check

Tim

Baca Lainnya

Mantap dengan Kirin, Huawei Siap Tinggalkan Snapdragon

12 Mei 2024 - 17:54 WIB

Cara Menggunakan AI untuk Cari Uang di 2024

1 Mei 2024 - 22:18 WIB

Perbedaan AC Standard VS Low Watt vs Inverter

14 April 2024 - 01:13 WIB

Beda tipe AC

Google Bard Kini Bisa Buat Gambar dengan AI

1 Februari 2024 - 21:57 WIB

Apa itu LFP (Lithium Ferro Phospate) ?

29 Januari 2024 - 11:56 WIB

Cara Cek Apakah Xiaomi anda Kebagian HyperOS sebagai Pengganti MIUI

28 Januari 2024 - 16:47 WIB

Trending di Majalah