YouTube Akan Menurunkan Kualitas Default Gambarnya

OAtekno.com – Youtube tampaknya terus mengambil langkah serius demi menghadapi COVID-19. Virus corona memang berdampak ke semua segi kehidupan, bahkan kali ini semua orang diharapkan agar tetap diam dan beraktifitas di dalam rumah.YouTube_Logo_2017

Secara tidak langsung, sudah tentu diam di rumah berarti hampir semua orang yang memiliki akses ke internet akan membuka sosial media favorit mereka, dan tidak terkecuali; YouTube. Karena lonjakan pemirsa di seluruh dunia, kebutuhan bandwidth yang membludak ini harus diantisipasi oleh YouTube, dan tampaknya mereka akan mengurangi beban servernya dengan cara menurunkan kualitas default gambar pada setiap video yang ditonton pemirsanya.

Tampak dari cuitan Jane Manchun Wong diatas (Jane adalah seorang reverse engineer yang ahli dan hobi mengulik fitur produk digital sebelum diluncurkan), YouTube sedang dalam proses beta testing agar nantinya ada opsi penonton dapat memilih resolusi video awal yang diinginkan, tapi tampaknya demi menurunkan beban bandwidth kebanyakan orang, defaultnya akan dibuat ke 480p.

Dampak

Jika fitur ini benar diluncurkan dalam waktu dekat, maka jangan kaget jika nantinya gambar YouTube yang kalian tonton tampak berkurang kualitasnya, penonton masih dapat menaikkan kualitas gambar secara manual atau masuk ke setting dan ubah default ke full HD atau lebih tinggi. Langkah ini tentunya harus  hati-hati dilakukan YouTube, karena tidak semua orang akan mengerti apa yang terjadi, yang pasti mereka akan merasa gambar tidak setajam biasanya, tapi memang karena sekarang mayoritas menonton di layar smartphone yang kecil, mungkin juga tidak semua orang akan sadar bahwa kualitas layanan streaming gratis favorit mereka telah diturunkan.

Membahas YouTube, bagi yang belum tahu kami juga memiliki OA Tekno channel yang berisi informasi menarik, tips dan trik, tutorial, dan apapun tentang teknologi, silahkan dikunjungi.